KOMUNIKASI DAN RIBA.





Oleh: Subhan A Bisyrie



Ada prilaku aneh yang menurut saya ini ,Akibat kebuntuan komunikasi dan hutang Riba jadi timbullah emosi dan kekerasan yang tak terkendali. Seorang perempuan Membakar Suami dan anak tirinya di Sukabumi Jawabarat. Karena sang suami menolak menjual Rumahnya untuk menutupi hutangnya sebanyak 10 Milyard.



Prilaku yang sangat sadis ,yang diakibatkan oleh komunikasi yang tidak lancar ditambah Hutang Riba yang selalu mengejar ngejar . ahirnya Gelap dan jalan kekerasan yang di tempuh.



Ternyata Suami dan anak tirinya itu sudah dua kali melakukan pencobaan pembunuhan namun masih belum berhasil. pertama di santet , gak Mati. lalu Dibunuh pake senjata , tidak tuntas karena harga senpinya mahal , lalu terahir menyuruh 4 orang sebagai eksekutor pembunuhan dan berhasil Suami dan anaknya terbunuh.



Setelah Suami dan anak tirinya terbunuh lalu bingung menghilangkan jejaknya bagaiman ?, ahirnya ditaroh dirumahnya di kawasan lebak bulus Jakarta selatan lalu rumah itu dibakar dan ternyata rumah tidak terbakar semua , hanya sebagian dan yang terahir dua mayat itu dibawa dalam mobil dibawa ke daerah sukabumi lalu mobil itu di bakar. dari jejak Nomer mobil itulah Polisi mulai dapat membongkar kejahatan semuanya.



karena kebuntuan komunikasi dan Hutang riba maka sang istri itu menjadi tidak waras dan gila , perhatikan ayat Alqur\'an sebagai berikut:



الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ



“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 275)



dan itulah Kenapa Alloh dan rasulnya akan memerangi orang yang memakan Riba :



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ . فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ



“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” (Al Baqarah: 278-279)



Makan uang riba itu dosa dan resikonya sangat besar:



دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً



“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad, Syaikh Al Albani : shahih)



berhati hatilah dengan bahayanya Riba.



Jangan lupa bahwa \" tidak ada kejahatan yang sempurna\".



Se rapih apapun kejahatan pasti ada celahnya untuk di bongkar. Karena sebenarnya apa yang kita lakukan akan kembali pada diri kita.



Bila kita ber buat baik, maka kita sedang berbuat baik untuk diri sendiri .Dan bila kita berbuat Jahat maka sebenarnya sedang menjahati diri sendiri.



Jaga komunikasi terbaik dengan orang orang yang kita cintai . agar bila ada hal yang aneh segera bisa dikomunikasikan . untuk dicarikan solusinya yang terbaik.



Hindari Hutang Riba. Itu musuh bagi Alloh dan Rosululloh . karena pasti orang itu menjadi tidak sehat bahkan seperti orang gila dan pasti membuat anda tersiksa. (lihat ayat di atas QS. Al-Baqarah: 275, 278-279)



Hutang Riba itu bukan hanya yang menerima hutang , tapi yang memberi hutang dan yang mencatat hutang , yang menagih hutang dan semua yang terlibat didalamnya sama. akan berprilaku aneh.



seperti narkoba , siapa yag terlibat didalamnya . maka semua akan ditangkap , begitu pula riba . siapa yang berkonspirasi dengan riba maka itulah Musuh Alloh dan Rosulnya.



Semoga kita selalu bisa menjaga komunikasi dengan orang orang tercinta dan dapat menghindari Riba. (Subhan A Bisyri Marzuki)


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111