*CIREBON FESTIVAL 2019*.



Oleh: Subhan A Bisyri Marzuki

Jakarta , 31/08/19



Cirebon Festival (Cifes) 2019. Event terbesar yang pernah ada. Meramaikan Ulang Tahun Cirebon ke 650.Diselenggarakan Oleh komunitas Milenial kreatif Cirebon.di Stadion Madya Bima.Mulai 30 Agustus sampai 22 September 2019.



Keren pisan yakiiin...



Saya sudah datang ke Cifes. Cifes memang terbesar yang pernah saya lihat. Tempat permainan,kulineran , rekreasi yang luas dan indah serta tempat parkir yang sangat madai.



Kenapa harus datang ke Cifes?. Karena, Ini karya besar anak muda kreatif Cirebon, bukti kecintaan komunitas milenial pada kampung halamannya, dan Cifes bisa menginspirasi milenial lainnya untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya.



Mengapa ini Event terbesar? . Betul ,ini terbesar. Sebelumnya tidak pernah ada di Cirebon Event sebesar ini . Karena, mencakup; Seni , budaya , hiburan keluarga, ekonomi kreatif , inovasi, aksi para artis ibukota. Diramu dalam Satu Harmoni yang mengagumkan.



Apa sebab diselenggarakan mulai tanggal 30 Agustus sampai 22 September?. Tiga Event Akbar dijadikan satu; Ulang tahun Cirebon ke 650, Tahun Baru Islam 1441 Hijrah dan Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.



*CIFES*

Kalau anda masuknya dari jalan raya Brigjen Daraono depan MAKOREM. Maka jalan terus lurus, lalu belok kiri, terus belok kanan baru ketemu gerbang Cifes.

Kalau masuknya dari jalan Perjuangan depan Kampus Untag , samping Kampus IAIN dan Kampus Unswagati fakultas kedokteran. Maka jalan lurus , lalu belok kiri baru ketemu gerbang Cifes yang bertuliskan *\"CIREBON FESTIVAL\"*



Didepan seberang Gerbang \"Cifes\" ada *\"Tiket Box\"* Setelah masuk gerbang Cifes sebelah kanan akan terlihat gapura bertuliskan *\"Zona Tumenggung\"* didalamnya akan disuguhi pameran berbagai instansi , baik TNI, Polri maupun dinas-dinas , baik dinas vertikal maupun dinas horizontal yang dimiliki pemerintah daerah.



Dibelakangnya ada kolam renang dan musholla. Disampingnya ada gedung perkantoran.

Di depan gedung perkantoran ada jejeran huruf huruf berukuran besar yang sangat indah buat di Instagram atau Facebook, yang bertuliskan, *\"CIREBON FESTIVAL\"*.



Lalu sebelah kanan ada gapura bertuliskan *\"Pucuk Coolnary\"*. Area mainan anak anak dan makanan. Ini sangat ramai sekali . Ada Snowland mainan sky es dan hujan salju. Istanah Balon. Renang dalam balon. Dan naik perahu boot.



Disamping Snowland ada \"Kafe Kardus\" dan berjejer rapih. Tempat nyruput teh poci atau kopi lengkap dengan khas kuliner cerbonan: Nasi Jamblang, lengko, Empal gentong, Mie koclok, Tahu gejrot dan yg lainnya. Area ini dari siang hingga malam hari dipenuhi pengunjung. Karena , asyik buat kongkow-kongkow.



Ngopi ,makan sama pasangan atau sahabat. Orang dewasanya ngopi atau kulineran sambil menemani anak-anak yang bermain main salju di Snowland atau loncat-loncat di megahnya Istana balon.



Tidak jauh dari Istana balon ada gapura bertuliskan *Zona Pojok Budaya* disitulah terdapat \"panggung budaya\" yang cukup besar dihiasi dengan topeng besar di kanan kiri panggung yang sudah dilengkapi dengan gamelannya.



Disinilah semua seniman dan budayawan Ciayumajakuning ( Cirebon, Indramayu, Majalengka Kuningan) menampilkan lakon, kreativitas serta inovasi jiwa seninya para dalang .



Didepan panggung Budaya anda akan disuguhi ratusan pameran produksi kreativitas UKM se Jawa barat , termasuk juga pameran para pecinta binatang hingga jualan mobil mobil mewah.



Saya Warga Jakarta yang penasaran dengan *\"Cirebon festival\"* dari Medsos. Dan saya datang langsung ke stadion Bima Cirebon.



Ternyata, wiiih...... Manteb nemen yakin....



Sebelah kanan ada tribun, yang muat ribuan para penonton. yang didepannya ada panggung utama. Tempat pembukaan Cifes oleh Mentri Perdagangan RI , Enggartiasto Lukita , Walikota ,para pejabat , pengusaha dan tokoh serta tempat aksi para artis ibukota : Rizki Febian, Yovie and Nuno, Gigi, Arsy, Virgon, Drive band dan lainnya.



Di depan panggung Utama lengkap seluruh wahana permainan hiburan anak-anak, ada disana. Serasa di taman Impian Jaya Ancol.



Perhelatan besar Cifes 2019 ini Hanya sampai tanggal 22 September. Cepat datang sekalian bawa keluarga besar , anak-anak , pacar , mertua atau calon mertua , sahabat-sahabat.



Cifes ini persembahan istimewa para Milenial Cirebon kreatif untuk menghibur seluruh Masyarakat Cirebon, Indramayu, Majalengka,Kuningan, Tegal , Brebes, Subang, Karawang dan sekitarnya.


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111