19 Derajat Ufuk Timur
Munandar Harits W.





lihat:




Novel fiksi sejarah tentang pengepungan Kota Baghdad pada tahun 1258 oleh Hulaghu Khan, dan usaha bangsa Eropa untuk mendapatkan bermacam ilmu lewat yang karya-karya ilmiah bangsa Arab yang diterjemahkan ke dalam bahasa mereka sendiri. "Sastra adalah karya yg menghidupkan imajinasi, lewat karya ini Mas Munandar mencoba membagikan imajinasinya tentang toleransi, adab dan ilmu pengetahuan. Novel ini menarik untuk diperdebatkan." -Fadjar Mulya, koordinator perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2018-2019 "Membaca Novel 19 Derajat di Ufuk Timur, kita seperti dibawa ke kehidupan di abad pertengahan. Kisah-kisah klasik yang Disajikan dengan bahasa yang renyah membuat kisah demi kisah dalam novel ini semakin hidup. Yang menarik dari novel ini, penulis berhasil menggabungkan nilai-nilai sejarah Islam dengan nilai sastra yang tinggi sehingga kita betul-betul diajak untuk menyelami keduanya dan masuk kedalam kisah tersebut sehingga dapat merasakan alur kisah di novel tersebut. Jarang sekali ada novel yang sarat akan nilai sejarah 2 peradaban besar dunia. Salahsatu novel yang harus masuk daftar bacaan wajib bagi para penikmat sejarah." -Muhammad Ruhiyat Haririe, Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PP) Timur tengah-Afrika 2018-2019 "Menakjubkan! Novel ini bukan sekedar novel romansa biasa, tapi lebih dari itu, novel ini banyak menyibak bagaimana Islam pernah berjaya di Eropa dan dari ilmuan Islam lah, segala ilmu pengetahuan modern mulai muncul dan dipelajari oleh manusia. Rasanya tidak berlebihan jika novel ini adalah novel pertama yang memadukan unsur romansa dan sejarah keilmuan dengan diksi yang begitu indah. Sangat direkomendasikan!" -Adly Al-Fadlly Usmunie, penulis novel; Ketua FLP Yaman 2014-2016 Kalau dulu orang berkata bahwa engkau belum belajar jika belum menimba ilmu di Cordoba, maka benarlah kini jika dikatakan bahwa engkau belum mengenal kejayaan Islam sebelum mendengar kisah tentang Al-Andalus. Novel ini menawarkan cara yang menyegarkan untuk menyusuri sejarah negeri megah yang satu ini. (Akmal Sjafril -Penulis, peneliti INSISTS, pemerhati sejarah Al-Andalus)



Toledo, Spanyol, tahun 1274. Hujan deras datang mengguyur, angin kencang membawa gema suara guntur. Seorang perempuan berdiri di tepi Sungai Tajo, air mengombak di bawah telapak kakinya. Apakah ini saatnya ia bertemu arwah ibunya di Eden sana? Sungai ini bisa menolongnya, dengan menenggelamkan dan menghanyutkan tubuhnya.

Baghdad, Irak, tahun 1258. Batu-batu besar melayang dari balik dinding kota yang telah hancur. Sontak teriakan dan jeritan panik mengangkasa. Seorang bocah laki-laki kecil berlari untuk menyelamatkan kakeknya. Namun tak ada yang bisa menolongnya, kini yang tersisa hanya puing semata.

19 Derajat Ufuk Timur oleh Munandar Harits W. terbit 20 Mei 2019.

#fiksisejarah #19derajatufuktimur #munandarharits #toledospanyol #hulaghukhan #eropa #karyailmiah #bangsaarab #baghdadirak #novel #fiksi #9786020498744


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111