-->
SUBHAN ALBA
lihat:

*CIREBON MERDEKA DULUAN*





BY: Subhan Alba Bisyri Marzuki.





“PROKLAMASI CIREBON”. Naskah Proklamasi kemerdekaan itu dibacakan pertama oleh Dr Sudarsono di Cirebon. Tepatnya pada tanggal 15 Agustus 1945. Di Persimpangan Alun Alun Kejaksan Kota Cirebon. Dihadiri sekitar 150 orang .

Setelah 3,5 abad dijajah Belanda dan ditambah 3,5 Tahun dijajah Jepang. Ahirnya bangsa kita memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka. Momentum tersebut sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia.



Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu dibacakan oleh Ir Sukarno pada tanggal 17 Agustus di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.



Namun pada rangkaian hari hari sebelum detik detik kemerdekaan , ada sejarah yang tak terpisahkan dengan itu.



“Jangan Sekali Kali Meninggalkan Sejarah” atau disingkat JASMERAH”. Begitu Semboyan kondang yang diucapkan Ir. Soekarno. Dalam pidato terahir pada HUT RI 17 Agustus 1966.



Ada sejarah yang nyaris terlupakan bahwa Proklamasi kemerdekaan itu yang paling pertama dibacakan di Cirebon, dikenal dengan nama “Deklarasi Cirebon”.

Teks Kemerdekaan tersebut dibacakan oleh Dokter Sudarsono , Kepala Rumah Sakit Umum Kesambi (Sekarang RSUD Gunung Jati), Di Cirebon Pada Tanggal 15 Agustus 1945.



Naskahnya tersebut terdiri dari 300 kata, diketik langsung oleh Sutan Syahrir. Ketua PNI (Partai Nasional Indonesia). Dihadiri sekitar 150 orang mayoritas Kader Pendidikan Nasional Indonesia.



Proklamasi dibacakan di perempatan Jalan dekat alun alun kejaksan. Sekarang perempatan jalan tersebut menjadi titik temu antara Jalan Siliwangi, Jalan Kartini dan Jalan Veteran.

Ditengah tengah perempatan itulah, Letak Sebuah tugu berlapiskan keramik abu muda dengan ujung lancip menyerupai pensil berdiri tegak. Itulah saksi sejarah nasional Indonesia yang sangat monumental Tugu “PROKLAMASI CIREBON”.



Cirebon Merdeka Duluan.



Detik Detik persiapan kemerdekaan masih diperdebatkan antara Sukarno –Hatta dan Sjahrir. Sjahrir yang mengetahui Jepang takluk terhadap sekutu ingin segara Proklamasi itu dilakukan.



Saat Sukarno dan Hatta gagal dapat konfirmasi resmi dari otoritas Jepang . Maka, Segera menemui Laksamana Maeda Tadashi untuk mendapatkan kepastian informasi.

Pada saat ditanya Perihal Menyerahnya Jepang, Meida tidak bias menjawab. Dari situ Sukarno –Hatta makin yakin bahwa Jepang sudah berhasil ditundkkan.

Melalui Jaringannya telah mengkondisikan agar persiapan kemerdekaan dipercepat, rekan rekan mahasiswa dan kelompok pemuda di berbagai daerah luar Kota Jakarta menunggu detik detik proklamasi, termasuk di Cirebon yang menjadi basis Pendidikan Nasional Indonesia. Jadi bagi Sjahrir tidak sulit untuk mengumpulkan masa di Cirebon.



Para Pemuda Cirebon atas pengkondisian Sutan Syahrir ingin secepatnya memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Agar kemerdekaannya diketahui oleh dunia Internasional bahwa kemerdekaannya bukan hadiah dari Jepang.

Syahrir yang rajin mendengarkan Radio BBC, mengetahui berita bahwa Jepang menyerah pada sekutu. Maka mendesak segera Agar Bung Karno segera Memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia.



Namun Karena situasi Jakarta saat itu secara politik sedang kurang kondusif. Maka, Bung Karno lebih memilih untuk tidak terburu buru. Karena Jepang secara defacto masih berkuasa di Indonesia , bila dipaksakan maka bisa terjadi pertumpahan darah.



Sutan Syahrir memegang jaji Bung karno yang akan membacakan teks proklamasi keerdekaan secepatnya, tetap mendesak Ir Soekarno agar memproklamirkan kemerdekaannya. tapi hingga petang hari tanggal 15 Agustus 1945 belum juga pembacaan teks Proklamasi, sementar pemuda pemuda Cirebon sudah resah berkumpul di Alun Alun Kejaksan.



Ahirnya Dokter Sudarsono membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia , di perempatan jalan dekat alun alun kejaksan Cirebon tersebut, Sebelum teks Proklamasi itu dibacakan didaerah manapun termasuk di Jakarta.



Namun sayangnya jejak naskah proklamasi itu entah kemana, yang tersisa hanya Tugu Proklamasi Cirebon sebagai saksi sejarah kemerdekaan yang pertama di Indonesia.



Setelah pembacaan “Proklamasi Cirebon”. Keesokan harinya. Pada tanggal 16 Agustus jam 03.00 WIB sekelompok pemuda yang tidak sabar ingin segera merdeka menculik Bung Karno ke Rengasdengklok Karawang. Barulah keesokan harinya tanggal 17 Agustus ,naskah proklamasi kemerdekaan yang diketik oleh Sayuti Melik tersebut dibacakan dan berita kemerdekaan di siarkan di seluruh pelosok negri.

Mulailah Pekik ,Merdeka… Merdeka…. Merdek terdengar dimana mana.



SEBAGAI ORANG CIREBON



Saya asli Wong Cirebon. Bapak dan Ibu wilayah Karesidenan Cirebon. untuk orang Cirebon yang ada di seluruh pelosok negrei. Perlu menjaga Anugerah itu . Pertama , Sebagai tempat dibacakannya Proklamasi yang pertama. Bagian yang tak terpisahkan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Bahwa Wong Cirebon perlu lebih dalam lagi menjiwai nilai nilai nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja dan karya serta sekuat jiwa raga dalam menjaga Pancasila, NKRI, Binekatunggal ika dan UUD 45.



Kedua, Tugu “Proklamasi Cirebon”. Selayaknya dijadikan monument yang terawat dan dijadikan bangunan sejarah Nasional yang indah dan megah , bila perlu dibangun lebih instagramebel, bilaperlu dijadikan salah satu ikonnya Cirebon. Karena, Bukan tidak mungkin ,bila dibranding dengan jiwa nasionalisme yang tinggi maka akan menjadi mahnet wisata sejarah nasional yang lebih baik.

Akan lebih banyak wisatawan nasional yang ingin mengetahui adanya monument “PROKLAMASI CIREBON” sebagai saksi sejarah rangkaian perjuangan sebelum adanya “TUGU PROKLAMASI” di Jakarta.



Ketiga, Dalam memperingati 17 Agustus juga perlu memasukkan rangkaian mengingatan bahwa “Deklarasi Cirebon” Pernah ada. Agar dalam rangka menumbuhkan jiwa nasionalisme itu berkembang lebih baik.

Saudaraku sebangsa setanah air . “ Belum Ke Pulau Jawa sebelum mampir ke Cirebon”. Cirebon itu antic dan unic . bukan Jawa dan bukan sunda itulah “Cirebon”



“SELAMAT HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 74”



Hari ini, 15 Agustus 1945. 74 Tahun yang lalu saat dibaca Naskah “PROKLAMASI CIREBON”



__________________________

Foto Tugu Proklamasi Cirebon dan Tugu Proklamasi Jakarta, disandingkan, hanya mengingatkan betapa kedua tugu itu memiliki nilai sejarah Indonesia yang sangat tinggi)
JOKOWI-PRABOWO SATU GERBONG





Momentum teladan dua negarawan, pertemuan perdana antara Jokowi dan Prabowo setelah Pemilu Presiden 17 April 2019. Saat langka paling ditunggu tunggu masyarakat Indonesia antara dua kutub kontestan itu akhirnya bisa terjadi pada tanggal 13 Juli 2019 di atas MRT dari Lebak bulus Ke stasiun Senayan. Pendidikan terbaik demokrasi Indonesia telah diukir dengan jiwa patriotik sebagai seorang negarawan , sekeras apapun kompetisi Pilpres dapat di selesaikan dengan bersilaturrahmi.



Pada saat konfrensi perss Prabowo Subianto sudah mengucapkan Selamat atas terpilihnya Jokowi menjadi presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 bukan hanya ucapan dari jauh tapi sangat sempurna, karena bertemu langsung ,mengucapkan selamat , bersalaman dan berpelukan. Bahkan Prabowo mengatakan siap membantu pemerintahan bila diperlukan.



Penutupan episode drama panjang pemilu presiden yang begitu keras karena diwarnai dengan peristiwa peristiwa hoax hingga ada yang di Vonis 2 Tahun oleh pengadilan , merebaknya politik identitas, 554 orang meninggal, 3,788 Orang sakit dari penyelenggara pemilu karena kecapean, 9 Orang meninggal dalam kerusuhan 21-22 Mei saat penetapan hasil pilpres oleh KPU RI, munculnya istilah kurang pantas \"Cebong\" untuk pendukung Jokowi dan \"Kampret\" untuk pendukung Prabowo, caci-maki , hujatan , nyinyiran , mewarnai polarisasi satu tahun selama tahapan Pilpres 2019 berlangsung.



Pada hari yang sama Sandiaga Salahudin Uno calon wakil presiden Prabowo Subianto juga mengadakan kegiatan yang bertemakan milenial di Kemang Village, bersama dengan Erik Tohir ketua Tim Pemenangan Nasional Calon Presiden Joko Widodo -KH Ma\'arif Amin. Hari Minggu itu merupakan momentum bersatunya dua mantan lawan tanding ,melalui pertemuan MRT dan Kemang Village Itu diharapkan selesailah sudah cerita dukung mendukung Pilpres 2019, momentum rekonsiliasi ini juga supaya diikuti oleh para pendukung masing-masing mantan Kandidat diseluruh pelosok negri.



By: Subhan Alba



Jakarta, 16.07.19
*MENANG TiGA KALI*



By: Subhan Alba Bisyri Marzuki



PDIP makin matang . Sudah pernah menang pemilu tiga kali. Dihitung sejak reformasi yaitu : Pemilu 1999, 2014 dan 2019. Tapi, yang diinginkan disini menang tiga kali berturut-turut. Berarti 2014,2019 dan menang Pemilu 2024.



Zaman orde baru Golkar menang terus karena Presiden Suharto dari Golkar. Pada pemilu 2009 Partai Demokrat menang pemilu karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Partai Demokrat. Begitu pula pada pemilu 2014 dan Pemilu 2019 PDIP menang karena Presiden Jokowi dari PDIP. Untuk menang di 2024 calon presidennya harus dari PDIP lagi. Pertanyaannya, siapakah kader PDI-P yang disiapkan untuk calon Presiden 2024?



Menang berturut turut tiga kali, yang menjadi target Kongres V PDIP kali ini, yang dilaksanakan pada tanggal 8- 11 di Bali. Dengan tema : Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. Artinya 2024 harus menang lagi. Masalahnya Presiden Jokowi sudah dua periode. Berarti tidak boleh nyalon presiden lagi yang ketiga kalinya. Kenapa PDIP ingin menang kembali di pemilu 2024?.



Visi Indonesia yang dibaca Jokowi pada 14 Juli 2019 di Sentul. Memang tidak akan selesai hingga 2024. Apa saja 5 poin Visi Indonesia itu. Pertama, Infrastruktur harus terkoneksi dengan kawasan produksi rakyat. Kedua, sumber Daya Manusia . Ketiga, Investasi yang terbuka untuk membuka lapangan kerja seluas luasnya. Keempat, Reformasi Birokrasi pada perspektif struktural maupun mindset.Kelima, Penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. Karena visi mulia itu tidak cukup dua periode maka Pemilu 2024 juga harus menang.



PDIP ingin hattrik menang pemilu tiga kali berturut-turut. Target nya menang pemilu hingga di Pemilu 2024. Untuk itu mengulang kongres kelima juga bertempat di Bali, Karena selepas pemilu 2009 dan 2014. Tetap bertahan Bali dan Jawa tengah sebagai kandang pemenangan Banteng.



Bagaimana caranya agar dapat PDIP dapat hattrick?,Diantaranya: mengukuhkan Megawati menjadi Ketua Umum kembali. Dan membuat pos baru yang bernama : Wakil ketua umum dan ketua harian yang akan di isi oleh orang muda. Trah Sukarno juga menjadi hoki bagi PDIP. Isu penambahan struktural. Wakil ketua umum dan ketua harian , merupakan issue penguatan kader muda. Seperti Prananda Prabowo atau Puan Maharani. Yang walaupun sampai selesai kongres tetap jadi issue.



Menduduki ketua DPR RI dari PDIP. Menaroh kader di Pimpinan MPR-RI. Memasang kader PDIP di kursi kursi strategis kabinet. Memenangkan Pilkada di 270 tempat di Tahun 2020. menjadi target untuk rentetan yang ujungnya kemenangan di pemilu 2024.



Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri dalam pembukaan kongres menyebut dua tokoh secara khusus diluar partai Koalisi Pilpres. Siapa dua tokoh tersebut?. Pertama, Mantan Capres 2019 Prabowo Subianto Rivalnya Presiden Jokowi. Mantan Pasangan Capres 2004 Megawati-Prabowo. Kedua, Basuki Cahaya Purnama atau Ahok, Mantan Gubernur DKI Jakarta, yang sudah masuk kader PDI-P. Hal ini membuat banyak orang menduga duga untuk dimasukkan untuk mewarnai jajaran Pemerintahan.



Pengukuhan Megawati sebagai Ketum PDIP , Sekretariat Jendral, Hasto Kristianto , Bendahara Umum ,Olly Dondokambey dan beberapa pengurus lain. Merupakan upaya mengulang kesuksesan untuk menyongsong pemilu 2024. Tapi tidak boleh lupa Keinginan menang tiga kali. perlu didasari dengan konsistensi terhadap program pro rakyat. Solid bergerak Peduli rakyat dan pancasila tetap sebagai ideologi rakyat.



Jakarta. 11.08.19
Pra Pencalonan Pilkada



By: Subhan Alba



Saya ditanya. Bagaimana menghadapi Pra pencalonan?. Bicara Pilkada . Pemilihan kepala daerah. Gubernur, Bupati atau Wali kota. Merupakan seni mempertemukan antara dua kepentingan. Antara Kepentingan Kandidat dan kepentingan Pemilih. Kandidat ingin Jadi pemimpin dan Pemilih ingin dipimpin oleh Pemimpin yang bisa membawa rakyatnya lebih sejahtera dan bahagia.



Tahun depan 2020 ada 270 Pilkada se Indonesia. Hal ini dilakukan Sesuai dengan perundang undangan yang ada. Tentu semua yang berkepentingan mulai sibuk menyiapkannya, Partai Sibuk mencari Calon Kandidat. Kandidat Sibuk mencari Partai Pengusung. Pemerintahan daerah sibuk memfasilitasi Termasuk pendanaan Pilkada . KPU (Komisi Pemilihan Umum) daerah menyiapkan peraturan dan calon nama nama calon penyelenggara di PPK, PPS dan KPPS.



Partai partai akan mendaftarkan kandidatnya ke KPU sesuai dengan Jadwal. Tapi, Biasanya sebelum didaftarkan ke KPU, Partai melakukan Survey dulu untuk menjaring bakal calon ( Balon) kandidat Gubernur, Bupati atau Walikota. Agar Balon merupakan kandidat yang sudah terukur kriterianya termasuk persoalan keterpilihan dan popularitasnya.



Ada dua cara untuk maju sebagai balon kandidat , yaitu: pertama dengan melalui Partai Politik Peserta Pemilu 2019 dan melalui perseorangan. Kedua duanya harus dipersiapkan dengan matang biasanya satu tahun sebelum hari pencoblosan. Untuk Pilkada 2020 KPU RI sudah menentukan hari pencoblosannya yaitu tanggal 23 September 2020. Artinya perlu bergerak dari sekarang bagi yang punya kepentingan dengan Pilkada .



Jadi syarat maju sebagai kandidat harus diajukan oleh Partai politik, untuk itu: seorang balon , sebelum mendekati pemilih , perlu mendekati partai terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Caranya bagaiman agar Partai minimal 20 % Kursi atau 20% Suara hasil pemilu 2019 mau mengusung kandidat balon dimaksud. Kalau ada partai yang siap mengusung tapi belum genap 20% maka harus berkoalisi dengan partai lain.



Ada banyak Cara agar Partai Partai tertarik mencalonkan Balon diantaranya : Pertama: Sudah Menjadi Kader Partai yang bersangkutan. Dua, Karena surveynya Punya renking tertinggi . Ketiga , Sudah banyak Jasanya dimasyarakat didaerah yang bersangkutan. Keempat, Sedah punya popularitas yang tinggi dan masih banya lagi.



Bagaiman caranya agar ketika di survey Partai sang calon kandidat bisa menang? Caranya, Calon Kandidat harus melakukan sosialisasi dan personal branding. Apa yang harus di lakukan? . Tehnisnya yang harus dilakukan diantaranya: Pertama ,melakukan pendekatan terhadap partai yang dituju terutama ketua umum DPP partainya.



Kedua, harus melakukan sosialisasi secara fisik datang ke Desa-desa , kelurahan-kelurahan atau



Ketiga, Diwakili dengan memasang alat peraga seperti : baliho dan sepanduk di seluruh jumlah RT / RW. Tentunya dengan konten dan foto yang menarik



Keempat, Melalui media , Elektronik maupun cetak, seperti TV lokal , Radio, Koran dan Tabloid.



Kelima , Sekarang Jamannya digital. Jangan lupa sosialisasi juga melalui Website, Medsos, Facebook, YouTube, Instagram, Twitter tentunya dengan management pengelolaan konten, Video, infografis ,strategi waktu yang terukur sesuai dengan kebutuhan nitizen.



Sedikit tentang Persiapan Pilkada Pra Pencalon , bagi yang mau jadi kandidat. Sukses ya...



Subhan Alba

Jakarta,12.08.19
Pencalonan Pilkada

___________________

By: Subhan Alba



Calon kandidat Pilkada, bisa dari Partai Politik dan bisa dari perseorangan. Masing masing punya syarat yang berbeda. Untuk kandidat yang dari Partai politik syaratnya 20% Kursi DPRD setempat ,atau 20% Suara Sah hasil pemilu 2019. Bila partai pengusungnya kurang dari 20% , maka harus koalisi dengan partai lain, sehingga bisa memenuhi persyaratan.



Nyalon di Pilkada berbeda dengan nyalon Di DPR RI. Kalau nyalon di DPR RI hanya dari satu partai. Tapi, Nyalon di Pilkada biasanya lebih banyak partai. lebih punya peluang untuk memenangkan pertarungan. Bahkan banyak kandidat Pilkada ,yang mengambil hampir semua partai untuk mengusung dirinya. Disisakan sedikit partai yang tidak strategis agar melemahkan lawannya. Ada juga yang sengaja mengambil semua partai untuk mendukung dirinya dan dibiarkan lawannya dengan kotak kosong.



Bakal Calon di Pilkada, tidak bisa maju sendiri daftar ke KPU ( Komisi Pemilihan Umum) Daerah. Yang mendaftar ke KPU harus Partai Politik. Makanya, calon kandidat harus mendaftar dulu ke partai politik. Biasanya partai politik mengadakan pendaftaran di internal partainya. Lalu setelah membuka pendaftaran.



Para bakal calon yang terdaftar akan diseleksi. Hasil seleksi kandidat di internal Parpol, diajukan ke Ketua Umum DPP partai, untuk dibuatkan SK ( Surat keputusan) resmi calon kandidat dari Partai yang ditanda tangani oleh ketua umum dan sekretaris umum, dan tidak boleh diwakilkan.



Seorang Calon kandidat. Sebelum pencalonan perlu fokus dulu pada internal partai pengusung sampai SK dari partai mencantumkan nama sang kandidat tersebut. Setelah itu baru masuk ke rencana, pembentukan Team. Kampanye serangan darat. Serangan Udara. Serangan dunia Maya untuk strategi memenangkan suara.



Jakarta, 12.08.19
###############

Langkah Prabowo



By: Subhan Alba



Belum genap satu bulan. Antara Juli dan Agustus. Ada tiga langkah Viral Prabowo Pasca Pilpres . Pertama, Pertemuan Prabowo dengan Jokowi di MRT. Kedua, Pertemuan Prabowo dengan Megawati di Jalan Teuku Umar dan Ketiga Prabowo menghadiri Kongres V PDIP di Bali. Berhasil mengobrak abrik tajamnya polarisasi Pilpres 2019. Selama setahun tahapan Pilpres masyarakat terbelah menjadi dua dan saling menyerang. Kini banyak yang keheranan karena begitu dekat dengan musuh musuhnya di Pilpres. Benar benar menjadi pelajaran politik yang menarik.Kenapa Prabowo melakukan itu?



Tiga langkah itu. cukup membuat mantan lawan Jokowi tersebut dapat nilai positif pasca pilpres . Walaupun masyarakat tetap tidak akan lupa saat berada pada tahapan tahapan kontestasi pilpres. Bisa dibilang sangat seru. Tapi itulah kontestasi. Langkah langkah itu cukup menjadi teka teki Apakah akan lebih baik bila Prabowo ada di pemerintahan ? Ataukah lebih baik di luar pemerintahan?.Bila Prabowo dan Gerindra ada di dalam pemerintahan ? Maka siapa yang akan menjadi oposisi konstruktif?. Siapa yang akan meluruskan bila pemerintah berjalan tidak sesuai kehendak rakyat?. bila itu terjadi maka negara dalam keadaan kurang sehat. Ya pertanyaan pertanyaan seperti itu terus menghiasi banyak perbincangan dimasyarakat.



Sebenarnya satu satunya kelompak kuat sebagai oposisi adalah Prabowo dan Gerindra. Prabowo, pemenang kedua calon presiden yang melawan Jokowi, yang kebetulan calonnya cuman dua. Gerindra Partai pemenang Pemilu kedua Setelah PDIP. Porsi yang sangat pas untuk kebaikan negara. Koalisi pendukung Jokowi memerintah dan koalisi pendukung Prabowo menjadi kekuatan Penyeimbang. Tinggal kompromi pembagian tugas dengan fokus untuk kepentingan bangsa dan negara.



Ada sisi terpuji mengenai langkah Prabowo tersebut. Pertama ,Terjadinya rekonsiliasi. Pertemuan Jokowi - Prabowo di MRT merupakan moment kerinduan rekonsiliasi nasional, yang sempat begitu tajam kontestasi itu berhadap hadapan. Bertemunya puncak tokoh yang bertarung. Sehingga dengan pertemuan itu . Akan ditiru oleh para pendukungnya masing masing di seluruh pelosok negeri. Apalagi ditambah ketemu Megawati dan hadir di kongres PDIP.



Kedua, Prabowo melakukan langkah rekonsiliasi itu ada punya makna, meninggalkan penumpang gelap. Para pendonpleng sekarang gigit jari. Tidak lagi punya sosok yang dijadikan rujukan dalam berpolitik. Karena tujuannya juga memang beda. Yang disinyalir tidak sejalan dengan Ideologi negara. Kita bersyukur, kini pasca pilpres sudah mencair dan masyarakat kembali guyub.



Tapi, terlalu akrabnya Mega dan Prabowo , membuat cemburu partai Koalisi Pendukung Jokowi. Maklum, karena Golkar,Nasdem, PKB dan PPP yang bertempur keras memenangkan Jokowi.

Ya sudahlah, biarkan para tokoh politik dengan langkah langkahnya, yang penting negara kondusif. \"Damai itu indah\". Masyarakat bosen dengan kegaduhan Politik.



Jakarta 13.08.19.
hidup itu tentang apa yang bisa berikan. bukan apa yang bisa kita dapatkan.


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111