-->
SUBHAN ALBA
lihat:

Relevansi Reuni 212





By: Subhan Alba Bisyri.







Kasus hukum Ahok yang dirasa lambat di proses. Menjadikan sekelompok masyarakat menggugat lalu berkumpul di monas pada 2 Desember 2016. Berkumpul melakukan gerakan bela Islam . karena tidak terima ayat Al-Qur\'an di lecehkan. Pelakunya Ahok saat itu. Nama aslinya Basuki Cahaya Purnama . Sebenarnya dia pekerja keras. Tapi dia sok bisa mentafsirkan Al-Quran atau lebih tepatnya bicaranya kerap kali kurang terkontrol. Fatal akibatnya divonis 2 tahun tahanan. Tapi semua itu sudah berlalu.



Saat itu Ahok masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Menggantikan Jokowi yang menjadi Presiden dan Ahok mau mencalonkan lagi menjadi Gubernur DKI 2017 - 2022 . Melawan Anis Rasyid Baswedan. gerakan 212 menjadi simbol gerakan bela Islam , padahal didalamnya secara politis ada bela \"Anis\" juga. Ahirnya Anis terpilih menjadi Gubernur DKI dan Ahok dipenjara 2 tahun. Karena kasus penistaan agama. Ahok Non Muslim, tapi mencoba mentafsirkan Al-Qur\'an. Jadilah Ahok divonis bersalah.



Akumulasi antara kepentingan politik kontestasi Pilkada DKI dan kepentingan bela Islam. Dua kepentingan itu membuat jutaan orang berkumpul di monas. Tepatnya pada 2 Desember 2016 menjelang pencoblosan pilkada DKI. Sampai saat ini hingga entah sampai kapan gerakan itu masih ada walaupun kegiatannya hanya Reunian setiap tahun yang dikenal dengan nama \"Reuni 212\".



Pilkada sudah berlalu selama 2 tahun . Tapi peristiwa 2 Desember yang dikenal dengan \"gerakan 212\" masih tetap ada. Bahkan tiap tahun ada Reuni 212 di monas. Anis Baswedan sudah 2 tahun Menjabat Gubernur DKI . Ahok sekarang sudah menjadi komisaris utama Pertamina, setelah menjalani hukuman 2 tahun penjara.



Pertanyaannya sampai kapan 212 selesai? Ataukah 212 menjadi gerakan yang terus dipelihara. Untuk mengingatkan agar Al-Qur\'an tidak boleh dilecehkan lagi?. Atau apakah ada agenda politik lain?. Atau karena Imam Besar Habib Rizik Syihab (HRS ) masih terjebak di Arab Saudi dan susah pulang ke Indonesia?. Atau karena apa sehingga tiap tahun ada Reuni 212?. Kalau Reuni 212 , Hanya Reuni kangen kangenan dan silaturrahmi saja tentu tidak masalah. Tapi kalau Reuni hanya nama saja sedangkan konten didalamnya ada agenda politik itu yang menjadikan kontroversi di herbagai fihak.



Penting rasanya antara Anis dan Ahok bertemu. Berpelukan dan ngopi bareng. Seperti Jokowi dan Prabowo bertemu di MRT Lebak Bulus, lalu dilanjutkan makan siang bareng di Senayan. Selepas pertarungan sengit di Pilpres. Begitu pula Anis dan Ahok. Penting untuk bertemu . dalam upaya meredakan ketegangan kontestasi Pilkada 2017 yang masih terasa. Masih ada para pendukung keduanya yang masih belum move on. Masih hujat hujatan sampai sekarang. Makanya Anis - Ahok perlu bertemu. Bila Perlu kerjasama membangun Jakarta sesuai posisinya dan kapasitas Ahok- Anis saat ini.



Tokoh 212, HRS yang saat ini masih terjebak di Arab Saudi. Tidak bebas pulang ke Indonesia. Pasca Reuni 212 tahun 2018. Tepatnya sebelum Pilpres 2019. Asumsi berspekulasi bahwa HRS merupakan salah satu simbol perlawanan terhadap Jokowi. Karena Gerakan 212 ahirnya menjadi tunggangan politik pendukung lawannya Jokowi yaitu: Prabowo. Tapi Prabowo pun sekarang sudah menjadi Mentrinya Jokowi.



HRS merupakan tokoh yang masih belum tuntas penyelesaiannya pasca Pilpres 2019. Tapi banyak yang tidak mengerti juga Pilpres sudah selesai. Kenapa, HRS belum kembali ke Indonesia? Apakah karena ada masalah dengan negara Arab Saudi? Atau Pemerintah Indonesia? Atau memang secara pribadi HRS mau menetap di Arab Saudi?.



Besok tepat tanggal 2 Desember . Reuni 212 yang ke tiga akan di gelar. Dan belom ada tanda tanda HRS mau Hadir. Mungkin melalui Video sebagai wakil atas kehadirannya. Seperti biasanya . Setiap ada moment pertemuan . Untuk mengobati rasa rindu jamaah pengagum HRS.



Gerakan 212 ini campuran antara gerakan agama dan gerakan politik. Mau dibilang gerakan agama , terbukti mendukung Anis Saat Pilkada DKI dan Mendukung Prabowo saat Pilpres 2019. Mau dibilang gerakan politik tidak termasuk Partai politik. Jadi, Reuni 212 harusnya mampu merumuskan kejelasan gerakannya, apakah menjadi Oramas keagamaan saja ? Atau mau jadi partai politik?.



Kalau ormas keagamaan tentunya harus independen dari gerakan politik seperti Ormas NU atau Muhammadiah. Tunduk pada NKRI tanpa ada atribut atau

isu Khilafah. Kalau mau jadi Partai politik maka jelas seperti partai Gelora, yang baru didirikan Anis Matta dan Fahri Hamzah beberapa bulan lalu. Agar Masyarakat Jelas Reuni 212 itu gerakan politik atau gerakan agama.



Besok Reuni 212 yang ke 3. Apa relevansinya dengan Negara atau agama saat ini. Ada kegentingan apa

sehingga jutaan manusia perlu berkumpul lagi di Monas?.



Jakarta 1.12.19
#REVISI DISERTASI#



Oleh : Subhan A Bisyri Marzuki

Jakarta,06/09/19



Ahirnya Disertasi itu direvisi. Tulisan akademik yang diuji dalam sidang terbuka. oleh Abdul Aziz yang berjudul \"Konsep Milkul Yamin Muhamad Syahrur sebagai keabsahan hubungan seksual non marital\" direvisi, menjadi \"Problematika konsep Milkul Yamin dalam Pemikiran Muhammad Syahrur\".



Jadi hanya \"problematika dalam pemikiran\" tidak melegalkan \"hubungan sex non marital\" atau bahasa zaman now nya \"free sex\".



Merevisi Disertasi tersebut, berdasarkan masukan kritik promotor dan dosen penguji . Di Kampus Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 3 September 2019. Tunduk oleh kontroversi.



Selain merevisi judul. Juga menghilangkan bagian bagian substansi yang kontrofersial dalam Disertasi. Lalu Aziz juga memohon maaf atas kontrofersi dari Disertasinya.



Surat itu dibacakan Calon doktor tersebut dalam Konfrensi pers di hadapan Direktur ,Wakil direktur , Dosen Promotor dan Penguji serta dihadiri para wartawan.



Batal sudah disertasi itu mengesahkan huhungan sex non marital.



Awalnya terus terang saya aneh kenapa perguruan tinggi Islam tapi menghancurkan nilai nilai Islam. Tapi,setelah saya lihat video klarifikasi UIN Sunan Kalijaga , yang dipimpin Rektornya maupun video Konfrensi perss yang di pimpin direktur Pasca sarjananya. Ternyata cerita ini diakhiri dengan Perguruan tinggi Islam yang tetap memegang teguh syariat Islam.



Sebenarnya saya tetap Optimis masa iya, dalam satu kampus besar seperti UIN gak ada yang sadar bahwa itu keliru. Walaupaun kalau sedang menyelami lautan akademik itu kadang kebebasan akademik terasa bebas banget. apapun di kritik. Digugat. Dilawan Kalau tidak logis. Dengan dalih mencari solusi, mengobati kegelisahan kehidupan manusia.



Memang \"mencari kebenaran dan mencari pembenaran\" itu setipis kulit ari.



Saya terus terang gelisah kenapa ada disertasi seperti ini ? Secara akademik mungkin tidak melanggar. Mungkin , karena hasil penulisan sendiri , tidak jiplak . Tapi, secara syariat agama yang di anut kampus itu pasti ini keliru. Endingnya ternyata kontroversi ini selesai dengan tidak lagi mengesakan hubungan sex tanpa nikah. Kenapa? Karena Disertasi itu sekarang direvisi tidak menggunakan lagi kata \"keabsahan hubungan seksual non marital\". Karena dengan judul itu artinya mengesahkan \"free sex\". Tapi lupakan saja . itu sudah direvisi.



Bila Disertasi itu tidak direvisi berarti transkrip nilai dan ijazah Doktor Abdul Aziz tidak akan dikeluarkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ternyata secara akademik begitu tanggung jawabnya kampus Islam Negri tersebut.



\"Selesai sudah kontrofersi disertasi itu\".



Ada ada saja. jagat akademik , yang hampir saja menghancurkan sendi sendi sakralitas lembaga pernikahan.

Kenapa? Masalahnya dengan membolehkan hubungan intim tanpa nikah artinya melegalkan perilaku seks bebas. Sangat kontraproduktif dengan kampus Islam. Seharusnya menjaga syariat Islam malah hampir saja menghancurkan syariat Islam.



Walaupun sebenarnya Penulis disertasi itu hanya membahas pemikirannya Mohamad syahrur , tapi di masyarakat tidak tertutup kemungkinan akan dipersepsikan legalitas seks bebas.



Free sex itu di larang saja banyak yang jebol , apalagi di perbolehkan.



Pemikiran Syahrur mengenai \"Milkul Yamin\" itu harus ditinjau juga , dari perspektif siapa Muhamad Syahrur?. Kondisi sosial saat itu ?. Pengaruh Politik? . Situasi Ekonomi? Saat Doktor asal Suriah itu mempunyai pemikiran seperti itu. Dan mengapa pemikirannya diadopsi ke Indonesia? Apakah sesuai dengan hukum Indonesia atau justru membahayakan bagi sendi sendi sakralitas Lembaga pernikahan , norma norma hukum dan nilai nilai ke Islaman.



Milkul Yamin itu artinya Budak , alias hamba sahaya, alias manusia yang bisa dijual atau di beli. Dulu sejarahnya manusia itu bisa diperjual belikan .

\"Milkul Yamin\" itu Perempuan yang dimiliki. dulu manusia itu seperti barang , bisa diperjual belikan. Seumpamanya beli dari pasar . Nah si perempuan itu bisa dipekerjakan di rumah dan bisa juga melakukan seks dengan perempuan tersebut . Kalau dengan istri nama akadnya \"akad nikah\", tapi kalau dengan Milkul Yamin nama akadnya \"akad jual beli\". tapi seinget saya Milkul yamin juga harus dinikahi dulu. karena sahnya hubungan seksual menurut islam itu harus dinikahi dulu. artinya ;harus ada wali, saksi , akad dan mahar , baru Milkul Yamin itu halal.



Jangan keliru ya.... Islam telah berhasil menghapuskan perbudakan , sehingga yang namanya \"Milkul Yamin\" itu sudah dihapuskan dari muka bumi. Karena tidak sesuai dengan hak asasi manusia.



Itu yang menjadi kontroversi disertasi tersebut.



Hubungan seks di atur dalam Islam dengan pernikahan. Bila bisa berhubungan seks tanpa nikah itu artinya nabrak aturan ,norma , nilai baik adat ,agama maupun negara . Seks berganti ganti pasangan. Kapanpun dimanapun. Dan akan banyak timbul banyak masalah baru .lantas akan banyak terjadi anak yang dilahirkan itu susah menentukan ayahnya siapa.



Dan setelah saya baca Disertasi itu hanya bicara perihal seks saja tidak membahas perspektif lain , misal dampak sosial dan harmonisasi keluarga. Bagaimana reaksi istri pertama dan anak-anak dirumah , bagaimana dengan dampak kesehatan reproduksi, kelangsungan hidup anak anak anak, dan hak perempuan perempuan yang digauli tanpa pernikahan. bagaimana hak warisnya.



Apakah anak yang tidak di kehendaki dari hubungan non marital bukan aib?. Angka aborsi bisa meningkat atau pembunuhan anak akan marak terjadi . Norma luhur manusia terancam, dan masih banyak lagi kutukan dari konsep pemikiran seks non marital ini.



pertanyaannya . Kenapa pemikiran sesat menjadi rujukan disertasi? Atau memang sengaja mencari dalil agar seks bebas dilegalisasi.



Ini sebenarnya bikin disertasi atau cari sensasi. Masa lulus nilai terbaik tapi direvisi.
*CIREBON FESTIVAL 2019*.



Oleh: Subhan A Bisyri Marzuki

Jakarta , 31/08/19



Cirebon Festival (Cifes) 2019. Event terbesar yang pernah ada. Meramaikan Ulang Tahun Cirebon ke 650.Diselenggarakan Oleh komunitas Milenial kreatif Cirebon.di Stadion Madya Bima.Mulai 30 Agustus sampai 22 September 2019.



Keren pisan yakiiin...



Saya sudah datang ke Cifes. Cifes memang terbesar yang pernah saya lihat. Tempat permainan,kulineran , rekreasi yang luas dan indah serta tempat parkir yang sangat madai.



Kenapa harus datang ke Cifes?. Karena, Ini karya besar anak muda kreatif Cirebon, bukti kecintaan komunitas milenial pada kampung halamannya, dan Cifes bisa menginspirasi milenial lainnya untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya.



Mengapa ini Event terbesar? . Betul ,ini terbesar. Sebelumnya tidak pernah ada di Cirebon Event sebesar ini . Karena, mencakup; Seni , budaya , hiburan keluarga, ekonomi kreatif , inovasi, aksi para artis ibukota. Diramu dalam Satu Harmoni yang mengagumkan.



Apa sebab diselenggarakan mulai tanggal 30 Agustus sampai 22 September?. Tiga Event Akbar dijadikan satu; Ulang tahun Cirebon ke 650, Tahun Baru Islam 1441 Hijrah dan Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.



*CIFES*

Kalau anda masuknya dari jalan raya Brigjen Daraono depan MAKOREM. Maka jalan terus lurus, lalu belok kiri, terus belok kanan baru ketemu gerbang Cifes.

Kalau masuknya dari jalan Perjuangan depan Kampus Untag , samping Kampus IAIN dan Kampus Unswagati fakultas kedokteran. Maka jalan lurus , lalu belok kiri baru ketemu gerbang Cifes yang bertuliskan *\"CIREBON FESTIVAL\"*



Didepan seberang Gerbang \"Cifes\" ada *\"Tiket Box\"* Setelah masuk gerbang Cifes sebelah kanan akan terlihat gapura bertuliskan *\"Zona Tumenggung\"* didalamnya akan disuguhi pameran berbagai instansi , baik TNI, Polri maupun dinas-dinas , baik dinas vertikal maupun dinas horizontal yang dimiliki pemerintah daerah.



Dibelakangnya ada kolam renang dan musholla. Disampingnya ada gedung perkantoran.

Di depan gedung perkantoran ada jejeran huruf huruf berukuran besar yang sangat indah buat di Instagram atau Facebook, yang bertuliskan, *\"CIREBON FESTIVAL\"*.



Lalu sebelah kanan ada gapura bertuliskan *\"Pucuk Coolnary\"*. Area mainan anak anak dan makanan. Ini sangat ramai sekali . Ada Snowland mainan sky es dan hujan salju. Istanah Balon. Renang dalam balon. Dan naik perahu boot.



Disamping Snowland ada \"Kafe Kardus\" dan berjejer rapih. Tempat nyruput teh poci atau kopi lengkap dengan khas kuliner cerbonan: Nasi Jamblang, lengko, Empal gentong, Mie koclok, Tahu gejrot dan yg lainnya. Area ini dari siang hingga malam hari dipenuhi pengunjung. Karena , asyik buat kongkow-kongkow.



Ngopi ,makan sama pasangan atau sahabat. Orang dewasanya ngopi atau kulineran sambil menemani anak-anak yang bermain main salju di Snowland atau loncat-loncat di megahnya Istana balon.



Tidak jauh dari Istana balon ada gapura bertuliskan *Zona Pojok Budaya* disitulah terdapat \"panggung budaya\" yang cukup besar dihiasi dengan topeng besar di kanan kiri panggung yang sudah dilengkapi dengan gamelannya.



Disinilah semua seniman dan budayawan Ciayumajakuning ( Cirebon, Indramayu, Majalengka Kuningan) menampilkan lakon, kreativitas serta inovasi jiwa seninya para dalang .



Didepan panggung Budaya anda akan disuguhi ratusan pameran produksi kreativitas UKM se Jawa barat , termasuk juga pameran para pecinta binatang hingga jualan mobil mobil mewah.



Saya Warga Jakarta yang penasaran dengan *\"Cirebon festival\"* dari Medsos. Dan saya datang langsung ke stadion Bima Cirebon.



Ternyata, wiiih...... Manteb nemen yakin....



Sebelah kanan ada tribun, yang muat ribuan para penonton. yang didepannya ada panggung utama. Tempat pembukaan Cifes oleh Mentri Perdagangan RI , Enggartiasto Lukita , Walikota ,para pejabat , pengusaha dan tokoh serta tempat aksi para artis ibukota : Rizki Febian, Yovie and Nuno, Gigi, Arsy, Virgon, Drive band dan lainnya.



Di depan panggung Utama lengkap seluruh wahana permainan hiburan anak-anak, ada disana. Serasa di taman Impian Jaya Ancol.



Perhelatan besar Cifes 2019 ini Hanya sampai tanggal 22 September. Cepat datang sekalian bawa keluarga besar , anak-anak , pacar , mertua atau calon mertua , sahabat-sahabat.



Cifes ini persembahan istimewa para Milenial Cirebon kreatif untuk menghibur seluruh Masyarakat Cirebon, Indramayu, Majalengka,Kuningan, Tegal , Brebes, Subang, Karawang dan sekitarnya.
Cirebon Nominasi Ibukota Jabar



Oleh: Subhan A Bisyri Marzuki

Jakarta 30/08/19



Ibukota Jawa Barat mau Pindah dari Kota Bandung. Dikatakan Ridwan Kamil Gubernur Jawa barat di gedung sate Bandung( 29/8/19) apakah ini mengikuti trend rencana pindahnya ibukota Jakarta ke Kalimantan timur atau memang hasil kajian mendalam. Atau memang kebetulan saja momentumnya bersamaan.



Alasannya kenapa ? Karena Bandung sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan Jawa Barat . Dan ternyata memang sudah masuk dalam perda perubahan atas perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar tahun 2009-2029.



Tiga wilayah yang rencan menjadi Ibukota yaitu: Tegalluar (Kabupaten Bandung ) , Walini ( Kabupaten Bandung Barat) dan ada yang lebih strategis yaitu Cirebon yang masuk dalam rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) segitiga Rebana (Cirebon , Subang dan Majalengka. Apalagi bandara Kertajati atau pengembangan Aero City.



Menurut saya perlu ada kaji ulang mendalam ,agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Saya sebagai orang Asli Jawa barat rasanya perlu berpendapat. Kalau jadi pindah ibukota maka pilihan yang tepat untuk ibukota Jawa barat adalah kota cirebon



Kota Cirebon itu lengkap, Punya bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Fasilitas infrastruktur dan suprastruktur gubernuran Cirebon sudah siap. Jumlah hotel berbintang, mall mall besar dan pusat pusat perbelanjaan moderen juga banyak.



Perguruan tinggi negri dan swasta juga ada. Sekolah sekolah moderen dan standar Nasional juga ada. Termasuk pesantren pesantren yang di kelola dengan modern juga tidak sedikit.



Mengenai budaya , Cirebon dari dulu terkenal dengan kepemimpinannya yang santun dan agamis Terbukti berdirinya tiga keraton : keraton kasepuhan , Keraton Kanoman dan keraton kacirebonan itu bukti kekuatan sejarah budaya yang kuat. Ditambah dengan adanya peninggalan syeh Syarif Hidayatullah di Astana gunung jati. Keramahan dan kesantunan warga Cirebon yang selalu menghormati para pendatang menjadi ciri budaya luhur Cirebon



Cirebon itu sangat strategis , kota transit yang sangat pesat perkembangannya. Letaknya yang menghubungkan Jawa Barat ,Jawa tengah dan Ibukota Jakarta serta titik strategis transit Pantura Jawa. Menjadi lebih mudah untuk mengembangkan Jawa barat di panggung nasional.



Kekayaan seni dan Budayanya, Tari topeng, seni sandiwara dan sintren, sudah sering di bawa kan di berbagai negara. kulinernya: Nasi Jamblang, tahu gejrot, empal gentong, mi koclok , sate kalong menjadi ciri kekayaan kuliner Cirebon.



Coba berkunjung ke Cirebon, kebetulan sekarang sedang ulang tahun kota Cirebon yang ke 650. Tepatnya 1 Muharram / tanggal 30 Agustus 2019. Disana anda akan melihat keramaian rangkaian HUT CIREBON.



Dulu saya sering menghadiri rangkaian acara HUT Cirebon: dimulai Solat berjamaah Ashar Bersama Walikota dan Forum Komunikasi Pimpinan Daeran serta para tokoh lainnya ,di Masjid sang cipta rasa depan alun alun Keraton kasepuhan, lalu ziarah ke makam sunan gunung jati di Astana , lalu ziarah Ke Taman makam pahlawan , terus Nanggap Wayang semalam suntuk, dan paginya sidang pari purna di DPRD lalu pembacaan babad tanah Cirebon. Banyak juga dinas dinas, pengusaha , ormas ormas yang mengadakan acara , Hiburan rakyat, pawai pawai budaya , dan sekarang ada yang terbaru lebih spektakuler karya anak anak muda Cirebon kreatif namanya:



*\"Cirebon Festival\"*



Event skala nasional terbesar yang pernah ada , tempatnya di Lapangan Bima yang diramaikan banyak artis ibukota, Hiburan keluarga, permainan anak anak , Festival budaya dan kuliner Cirebon serta pameran produk produk unggulan UKM.yang akan setia menemani kegembiraan seluruh warga masyarakat Cirebon dan sekitarnya.



Selamat Ulang Tahun Cirebon ke 650.

Semoga Cirebon terpilih menjadi Ibukota Jawa Barat.
KOMUNIKASI DAN RIBA.





Oleh: Subhan A Bisyrie



Ada prilaku aneh yang menurut saya ini ,Akibat kebuntuan komunikasi dan hutang Riba jadi timbullah emosi dan kekerasan yang tak terkendali. Seorang perempuan Membakar Suami dan anak tirinya di Sukabumi Jawabarat. Karena sang suami menolak menjual Rumahnya untuk menutupi hutangnya sebanyak 10 Milyard.



Prilaku yang sangat sadis ,yang diakibatkan oleh komunikasi yang tidak lancar ditambah Hutang Riba yang selalu mengejar ngejar . ahirnya Gelap dan jalan kekerasan yang di tempuh.



Ternyata Suami dan anak tirinya itu sudah dua kali melakukan pencobaan pembunuhan namun masih belum berhasil. pertama di santet , gak Mati. lalu Dibunuh pake senjata , tidak tuntas karena harga senpinya mahal , lalu terahir menyuruh 4 orang sebagai eksekutor pembunuhan dan berhasil Suami dan anaknya terbunuh.



Setelah Suami dan anak tirinya terbunuh lalu bingung menghilangkan jejaknya bagaiman ?, ahirnya ditaroh dirumahnya di kawasan lebak bulus Jakarta selatan lalu rumah itu dibakar dan ternyata rumah tidak terbakar semua , hanya sebagian dan yang terahir dua mayat itu dibawa dalam mobil dibawa ke daerah sukabumi lalu mobil itu di bakar. dari jejak Nomer mobil itulah Polisi mulai dapat membongkar kejahatan semuanya.



karena kebuntuan komunikasi dan Hutang riba maka sang istri itu menjadi tidak waras dan gila , perhatikan ayat Alqur\'an sebagai berikut:



الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ



“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 275)



dan itulah Kenapa Alloh dan rasulnya akan memerangi orang yang memakan Riba :



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ . فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ



“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” (Al Baqarah: 278-279)



Makan uang riba itu dosa dan resikonya sangat besar:



دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً



“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad, Syaikh Al Albani : shahih)



berhati hatilah dengan bahayanya Riba.



Jangan lupa bahwa \" tidak ada kejahatan yang sempurna\".



Se rapih apapun kejahatan pasti ada celahnya untuk di bongkar. Karena sebenarnya apa yang kita lakukan akan kembali pada diri kita.



Bila kita ber buat baik, maka kita sedang berbuat baik untuk diri sendiri .Dan bila kita berbuat Jahat maka sebenarnya sedang menjahati diri sendiri.



Jaga komunikasi terbaik dengan orang orang yang kita cintai . agar bila ada hal yang aneh segera bisa dikomunikasikan . untuk dicarikan solusinya yang terbaik.



Hindari Hutang Riba. Itu musuh bagi Alloh dan Rosululloh . karena pasti orang itu menjadi tidak sehat bahkan seperti orang gila dan pasti membuat anda tersiksa. (lihat ayat di atas QS. Al-Baqarah: 275, 278-279)



Hutang Riba itu bukan hanya yang menerima hutang , tapi yang memberi hutang dan yang mencatat hutang , yang menagih hutang dan semua yang terlibat didalamnya sama. akan berprilaku aneh.



seperti narkoba , siapa yag terlibat didalamnya . maka semua akan ditangkap , begitu pula riba . siapa yang berkonspirasi dengan riba maka itulah Musuh Alloh dan Rosulnya.



Semoga kita selalu bisa menjaga komunikasi dengan orang orang tercinta dan dapat menghindari Riba. (Subhan A Bisyri Marzuki)
PAPUA ATAU PINDAH IBUKOTA





Oleh: Subhan A Bisyri Marzuki

Jakarta,29/08/19









Andai punya kewenangan masalah Papua atau Pindah Ibukota anda akan memilih mana?. \"Mengatasi Papua\" dulu atau \"Pindah Ibukota\" dulu.



Kalau saya punya kewenangan. pilih Mengatasi Papua dulu.



Papua itu masalah \"disintegrasi bangsa\", yang rentan akan masuknya pihak ketiga, atau jangan jangan pihak ketiga itu sudah ada didalamnya.

Bahkan mungkin saja sudah lama pihak ketiga itu sudah ada, dalam posisi selalu siaga, tinggal menunggu momentum untuk merebut kekuasaan wilayah Papua.



Siapa pihak ketiga itu ? Apakah Amerika ? Karena Freeport tambang emas dan tembaga. Belanda? Karena dulu bekas jajahan Belanda. Australia? Karena letaknya berdekatan. Atau siapa? Darimana? Kenapa dia mau menguasai Papua?



Jangan berspekulasi apalagi mengarahkan tuduhan, gak elok.itu hanya untuk kewaspadaan kita saja



Pasti banyak negara yang Ingin menguasai Papua. Anda tahu preeport punya ribuan ton cadangan emas di Papua sampai 2060? Masih ingat sejarah Konfrensi Meja Bundar 24 Desember 1949 hingga ahirnya Papua barat meraih kemerdekaan dari Belanda dan bergabung ke NKRI?



Saya membatasi hanya bicara waspadalah dengan Papua. Disintegrasi mengancam. Apalagi bendera OPM sudah berani berkibar di Jakarta. Didepan istanah loh... (CNN Indonesia 28/08/19)



Yang pasti Papua itu perlu di perhatikan



Anda tau kandungan Alam Papua? Produksi tambang sekitar 210 ribu ton ore perhari.( liputan6 Agustus tahun kemaren) Itu pasti jadi rebutan berbagai negara, jangan abaikan Papua. Apalagi ada isu rasis segala, langsung tangkap saja , si rasis itu. Gak pantas rasis hidup di Indonesia.

Bagaiman bisa Indonesia itu multi ras. Tidak mungkin ada manusia anti ras hidup di Indonesia.



Sekarang kita bicara Pindah Ibukota.



Mengatasi Papua dan Pindah Ibu kota. sama sama penting tapi ada yang genting dan ada yang tidak terlalu genting. Menurut saya memilih mengatasi Papua dahulu.



Pindah Ibukota saya setuju. Sangat setuju. Saya ini tinggal di Jakarta .

Saya tau masalah Jakarta: lalulintas Macet, Banjir , Polusi udara , tata kota, Pedagang Kakilima, kesenjangan kaum miskin ibukota , urbanisasi besar besaran terutama pasca Idul fitri. Selalu saja menghantui Ibukota.



Sesaknya Ibukota Jakarta dan ledakan urbanisasi . Sepertinya menjadi \"lagu wajib nyanyian pindah ibukota\" setiap pasca idul Fitri.



Saya bosen nyanian pindah Ibukota. Bagi saya simpel. Pindah ibukota itu lebih baik.



Indonesia ini negara besar. Bukan hanya Jakarta dan Jawa . Tapi ada Sumatra , Kalimantan , Sulawesi , Papua dan masih ada ribuan pulau yang harus mendapatkan perhatian yang sama dengan Jakarta dan Jawa.



Jadi sekali lagi saya setuju pindah ibukota sesuai dengan kajian pemerintah, di Kalimantan Timur tepatnya, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Tapi soal waktunya 2024 sudah bisa pindah, dikira saya sekitar 10 tahunan.

Karena regulasinya juga belum. Belum tender tender dan lainnya. Cukup mengagetkan negara demokrasi seperti Indonesia yang terbiasa perlu \"ceck and balance\" bisa menempuh prosedur begitu kilat.



Seperti legenda, Om Jin dan Aladin .

Dengan Sim salabim , \"Pindahkan Istana\". Maka Pindahlah .



Intinya saya setuju pindah Ibukota tapi prosedurnya juga di tempuh.



Jadi , antara Papua dan Pindah Ibukota mana yang harus didahulukan.



Minimal rencana \"mengatasi Papua\" dengan rencan \"pemindahan Ibukota\" sama sama terang gamblang agar tidak timbul fitnah yang bisa menjadi bumerang.



Kalau saya pilih mengatasi Papua dulu.

Toh Sama sama dari \"duit hutang\".



Anda mau pilih mana?











Fotho, Massa aksi unjuk rasa mengibarkan bendera Bintang Kejora di depan Istana Negara Jakarta, Rabu (28/8) (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko) 
Pra Pencalonan Pilkada



By: Subhan Alba



Saya ditanya. Bagaimana menghadapi Pra pencalonan?. Bicara Pilkada . Pemilihan kepala daerah. Gubernur, Bupati atau Wali kota. Merupakan seni mempertemukan antara dua kepentingan. Antara Kepentingan Kandidat dan kepentingan Pemilih. Kandidat ingin Jadi pemimpin dan Pemilih ingin dipimpin oleh Pemimpin yang bisa membawa rakyatnya lebih sejahtera dan bahagia.



Tahun depan 2020 ada 270 Pilkada se Indonesia. Hal ini dilakukan Sesuai dengan perundang undangan yang ada. Tentu semua yang berkepentingan mulai sibuk menyiapkannya, Partai Sibuk mencari Calon Kandidat. Kandidat Sibuk mencari Partai Pengusung. Pemerintahan daerah sibuk memfasilitasi Termasuk pendanaan Pilkada . KPU (Komisi Pemilihan Umum) daerah menyiapkan peraturan dan calon nama nama calon penyelenggara di PPK, PPS dan KPPS.



Partai partai akan mendaftarkan kandidatnya ke KPU sesuai dengan Jadwal. Tapi, Biasanya sebelum didaftarkan ke KPU, Partai melakukan Survey dulu untuk menjaring bakal calon ( Balon) kandidat Gubernur, Bupati atau Walikota. Agar Balon merupakan kandidat yang sudah terukur kriterianya termasuk persoalan keterpilihan dan popularitasnya.



Ada dua cara untuk maju sebagai balon kandidat , yaitu: pertama dengan melalui Partai Politik Peserta Pemilu 2019 dan melalui perseorangan. Kedua duanya harus dipersiapkan dengan matang biasanya satu tahun sebelum hari pencoblosan. Untuk Pilkada 2020 KPU RI sudah menentukan hari pencoblosannya yaitu tanggal 23 September 2020. Artinya perlu bergerak dari sekarang bagi yang punya kepentingan dengan Pilkada .



Jadi syarat maju sebagai kandidat harus diajukan oleh Partai politik, untuk itu: seorang balon , sebelum mendekati pemilih , perlu mendekati partai terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Caranya bagaiman agar Partai minimal 20 % Kursi atau 20% Suara hasil pemilu 2019 mau mengusung kandidat balon dimaksud. Kalau ada partai yang siap mengusung tapi belum genap 20% maka harus berkoalisi dengan partai lain.



Ada banyak Cara agar Partai Partai tertarik mencalonkan Balon diantaranya : Pertama: Sudah Menjadi Kader Partai yang bersangkutan. Dua, Karena surveynya Punya renking tertinggi . Ketiga , Sudah banyak Jasanya dimasyarakat didaerah yang bersangkutan. Keempat, Sedah punya popularitas yang tinggi dan masih banya lagi.



Bagaiman caranya agar ketika di survey Partai sang calon kandidat bisa menang? Caranya, Calon Kandidat harus melakukan sosialisasi dan personal branding. Apa yang harus di lakukan? . Tehnisnya yang harus dilakukan diantaranya: Pertama ,melakukan pendekatan terhadap partai yang dituju terutama ketua umum DPP partainya.



Kedua, harus melakukan sosialisasi secara fisik datang ke Desa-desa , kelurahan-kelurahan atau



Ketiga, Diwakili dengan memasang alat peraga seperti : baliho dan sepanduk di seluruh jumlah RT / RW. Tentunya dengan konten dan foto yang menarik



Keempat, Melalui media , Elektronik maupun cetak, seperti TV lokal , Radio, Koran dan Tabloid.



Kelima , Sekarang Jamannya digital. Jangan lupa sosialisasi juga melalui Website, Medsos, Facebook, YouTube, Instagram, Twitter tentunya dengan management pengelolaan konten, Video, infografis ,strategi waktu yang terukur sesuai dengan kebutuhan nitizen.



Sedikit tentang Persiapan Pilkada Pra Pencalon , bagi yang mau jadi kandidat. Sukses ya...



Subhan Alba

Jakarta,12.08.19
*MENANG TiGA KALI*



By: Subhan Alba Bisyri Marzuki



PDIP makin matang . Sudah pernah menang pemilu tiga kali. Dihitung sejak reformasi yaitu : Pemilu 1999, 2014 dan 2019. Tapi, yang diinginkan disini menang tiga kali berturut-turut. Berarti 2014,2019 dan menang Pemilu 2024.



Zaman orde baru Golkar menang terus karena Presiden Suharto dari Golkar. Pada pemilu 2009 Partai Demokrat menang pemilu karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Partai Demokrat. Begitu pula pada pemilu 2014 dan Pemilu 2019 PDIP menang karena Presiden Jokowi dari PDIP. Untuk menang di 2024 calon presidennya harus dari PDIP lagi. Pertanyaannya, siapakah kader PDI-P yang disiapkan untuk calon Presiden 2024?



Menang berturut turut tiga kali, yang menjadi target Kongres V PDIP kali ini, yang dilaksanakan pada tanggal 8- 11 di Bali. Dengan tema : Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. Artinya 2024 harus menang lagi. Masalahnya Presiden Jokowi sudah dua periode. Berarti tidak boleh nyalon presiden lagi yang ketiga kalinya. Kenapa PDIP ingin menang kembali di pemilu 2024?.



Visi Indonesia yang dibaca Jokowi pada 14 Juli 2019 di Sentul. Memang tidak akan selesai hingga 2024. Apa saja 5 poin Visi Indonesia itu. Pertama, Infrastruktur harus terkoneksi dengan kawasan produksi rakyat. Kedua, sumber Daya Manusia . Ketiga, Investasi yang terbuka untuk membuka lapangan kerja seluas luasnya. Keempat, Reformasi Birokrasi pada perspektif struktural maupun mindset.Kelima, Penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. Karena visi mulia itu tidak cukup dua periode maka Pemilu 2024 juga harus menang.



PDIP ingin hattrik menang pemilu tiga kali berturut-turut. Target nya menang pemilu hingga di Pemilu 2024. Untuk itu mengulang kongres kelima juga bertempat di Bali, Karena selepas pemilu 2009 dan 2014. Tetap bertahan Bali dan Jawa tengah sebagai kandang pemenangan Banteng.



Bagaimana caranya agar dapat PDIP dapat hattrick?,Diantaranya: mengukuhkan Megawati menjadi Ketua Umum kembali. Dan membuat pos baru yang bernama : Wakil ketua umum dan ketua harian yang akan di isi oleh orang muda. Trah Sukarno juga menjadi hoki bagi PDIP. Isu penambahan struktural. Wakil ketua umum dan ketua harian , merupakan issue penguatan kader muda. Seperti Prananda Prabowo atau Puan Maharani. Yang walaupun sampai selesai kongres tetap jadi issue.



Menduduki ketua DPR RI dari PDIP. Menaroh kader di Pimpinan MPR-RI. Memasang kader PDIP di kursi kursi strategis kabinet. Memenangkan Pilkada di 270 tempat di Tahun 2020. menjadi target untuk rentetan yang ujungnya kemenangan di pemilu 2024.



Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri dalam pembukaan kongres menyebut dua tokoh secara khusus diluar partai Koalisi Pilpres. Siapa dua tokoh tersebut?. Pertama, Mantan Capres 2019 Prabowo Subianto Rivalnya Presiden Jokowi. Mantan Pasangan Capres 2004 Megawati-Prabowo. Kedua, Basuki Cahaya Purnama atau Ahok, Mantan Gubernur DKI Jakarta, yang sudah masuk kader PDI-P. Hal ini membuat banyak orang menduga duga untuk dimasukkan untuk mewarnai jajaran Pemerintahan.



Pengukuhan Megawati sebagai Ketum PDIP , Sekretariat Jendral, Hasto Kristianto , Bendahara Umum ,Olly Dondokambey dan beberapa pengurus lain. Merupakan upaya mengulang kesuksesan untuk menyongsong pemilu 2024. Tapi tidak boleh lupa Keinginan menang tiga kali. perlu didasari dengan konsistensi terhadap program pro rakyat. Solid bergerak Peduli rakyat dan pancasila tetap sebagai ideologi rakyat.



Jakarta. 11.08.19
KAMPANYE PILKADA.



By : Subhan Alba Bisyri Marzuki



Kampanye merupakan ajakan seorang kandidat kepada pemilih sesuai dengan visi misi yang kandidat programkan. Dalam Pemilu Kepala Daerah ( Pilkada), setelah Pasangan calonnya ditetapkan. Maka, tinggal mempengaruhi pemilih. Agar pemilih mau mencoblos pasangan calon tersebut.



Pelaksana kampanye merupakan team kampanye yang di tetapkan oleh Pasangan calon. Ada yang resmi di daftarkan nama namanya ke KPU dan ada yang tidak resmi yang tidak di daftarkan ke KPU, itu yang biasa disebut Relawan. Relawan biasanya sangat banyak. Ada yang dibentuk dan ada yang aspirasi dari bawah.

Team kampanye bisa saja kerjasama, atau menggunakan jasa Event orgenaiser. Bekerjasama dengan berbagai penyedia jasa yang hubungannya dengan kampanye juga bagus. Yang penting kampanye dengan target target suara bisa terlaksana dengan baik.





Kampanye dilakukan untuk memempengaruhi agar pemilih tertarik pada sang kandidat. Bagi kandidat yang sudah punya investasi sosial atau popularitas tentu lebih mudah mempengaruhi pemilih. Bisa jadi seperti pejabat, pengusaha , atau artis, lebih mudah mempengaruhi dibandingkan dengan kandidat yang benar benar baru masuk kedunia publik. Tinggal intensitas nya. Sebarannya ,dan waktu yang cukup untuk mempengaruhi. Dalam berkampanye semua keistimewaan , segala prestasi, keunggulan ,kejujuran , ketaatan dalam beragama dan lainnya.



Kampanye ini dilakukan sesuai daerah pemilihan. Daerah pemilihan untuk Pilkada Gubernur berarti dalam propinsi tersebut. Begitu pula, untuk Pilkada Kabupaten Kota wilayah kerja kampanye hanya sesuai kabupaten dan kota yang sedang di perebutkan. Setiap momentum Pilkada, tidak pernah sama. Karena dapilnya beda. ketua partainya beda. Karakter pemilihnya beda. Jadi jangan pernah menyama ratakan bahwa semua Pilkada itu sama.

Strategi dalam setiap Pilkada juga pasti berbeda-beda. Harus punya data jumlah tingkatan. Jumlah Kecamatan. Jumlah Kelurahan sampai dengan Jumlah TPS. untuk memudahkan pemetaan . Diwilayah mana saja yang aman sebagai basis suara dan mana saja wilayah yang kita lepaskan untuk basisnya kandidat lain.



Kampanye itu untuk mengenalkan kandidat. Agar lebih mengenal siapa kandidat yang harus dipilih. Seorang kandidat menjadi fokus branding. Kandidat sementara waktu. Minimal hanya saat kampanye . Harus menjadi mahluk yang paling sempurna. Manusia yang ahlaknya sangat baik. Sangat dermawan. Ahli sedekah. Mau berbaur dengan kesederhanaan dan kemiskinan. Jujur. Menguasai publik speaking. Pandai dalam pencitraan.



Cara untuk memenangkan Pilkada ada 4 yang Danti akan di jelaskan dengan rinci, apa saja : Pertama, Team Pemenangan. Untuk Pilkada Gubernur , Perlu di bentuk team pemenangan di tingkat Provinsi. lalu team pemenangan tingkat Kabupaten /kota, Kecamatan , Kelurahan/ desa, RT dan RW hingga TPS. Tentu, itu masih Ideal nya. Tapi ,dengan bantuan survey atau pengamatan dan analisa. Bisa jadi tidak perlu semuanya . Tapi, tempa tempat tertentu saja yang menjadi target kemenangan . Sedangkan yang lainnya, tidak perlu di garap . Karena, itu sudah menjadi basis suara kandidat lain. Dengan klastering seperti ini. Maka, target wilayah pemenangan lebih fokus.



Kedua;Team Perencanaan dan data. Team perencana ini bekerja lebih dulu dibandingkan team lain. Jadi team ini merupakan team pionir. Yang membuat perencanaan dan data-data. Ada banyak data data yang dibutuhkan, diantaranya; data Jumlah pemilih pemilu terahir. Jumlah TPS. RT/RW. Kelurahan/ Desa. Kecamatan dan jumlah Kabupaten/kota. Data Pilkada terahir , perolehan suara masing masing partai.



Ketiga; Team Event kampanye. Aktivis kampanye di darat dilaksanakan oleh team ini. Setelah ditentukan berapa kali kampanye di tingkat Provinsi, debat kandidat, kampanye di tingkat kabupaten kota, berapa kali di tingkat kecamatan dan berapa titik di setiap RT /RW.

Dari kampanye blusukan ke RT/RW sampai Kampanye besar hingga puluhan ribu.

Team ini yang menyelenggarakan . Dari aktifitas Mencari lokasi kampanye, menyiapkan perizinan,panggung,sound sistem, Artis, pengerahan massa, sampai konsep pidato sang kandidat.



Keempat; Team Branding. Kampanye ini meliputi; 1).Branding di udara dan alat peraga kampanye lainnya seperti ; Baliho, banner, sepanduk, Poster, Famplet,kaos, topi, mug . 2), Branding dunia Maya; pembuatan website, kampanye di Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, Whatapp, dengan design dan konten konten yang menarik perhatian pemilih. 3) Branding pembuatan majalah mingguan atau bulanan. 4) Branding publik, kegiatan kegiatan kampanye di media cetak seperti koran harian mainstream atau media elektronik, radio dan TV



Kelima ; Dana Pilkada. Kampanye membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu direncanakan dengan baik. Berapa jumlah kebutuhan dana harus klop dengan dana yang ada . Dana yang direncanakan ini harus dianggarkan dan dibayarkan setelah ditentukan. Dan tidak ada hubungannya dengan menang dan kalah. Untuk itu biaya kampanye harus di rencanakan dengan matang dan rinci sesuai pos pos kebutuhan. Agar bisa terlaksana dengan baik dan bertanggung jawab. Maka , dalam penggunaan dana perlu ada audit rutin sesuai dengan formuir yang disiapkan KPU. Sehingga di akhir kampanye, sudah siap , ketika laporan penggunaan dana kampanye di audit oleh KPU.



Kampanye Itu ada yang terjadwal oleh KPU dan ada yang Kampanye terselubung. Kampanye yang ke dua ini dari sisi waktu diperlukan masa yang panjang. Bila perlu 5 tahun. sejak dilantik kepala daerah, sudah langsung berkampanye mengajak pemilih. Untukemenangkan dirinya pada pemilu 5 tahun uang akan datang.





Jakarta, 23.08.19.
BELAJAR DARI YOVIE

By: Subhan Alba.



33 Tahun yang lalu, Yovi Widianto mendirikan Group Band yang bernama “Kahitna” , tepatnya pada tahun 1986. Tidak terasa hingga sekarang eksis berkarya di belantika musik Indonesia. Bahkan fans Lagu lagu ciptaan Yovi Widianto. Banyak dinyanyikan anak anak Milenial jaman sekarang, lagu lagu ciptaan Yovie selalu relevan terus walaupun dinyanyikan oleh berbagai generasi . Generasi Milenial disekolah sekolah sekarang masih menyanyikan lagu lagu cinta group band \"Kahitna\" atau \"Yovie and Nuno\". Saat menjadi narsumber di “Opapaci Forum” 21/08/19.Jakarta Selatan.



Dulu awalnya Semua orang mencibir . Bagaimana bisa membuat group band Kahitna personilnya banyak banget, 9 Orang. Bagi bagi Rizkinya bagaimana tuh ... Pasti dapat sedikit. Dan pasti cepat bubar seperti band band yang lainnya.

Tidak terasa, ternyata waktu begitu cepat berlalu. Sekarang sudah 33 tahun Yovie Widiyanto berkarya di musik. Turut Meramaikan panggung musik Indonesia bahkan manca negara.



Sukses “Kahitna” dan “Yovie And Nuno” tak terlepas dari sentuhan hangat Sosok Yovie Widianto. Yovie lahir 51 tahun yang lalu.Tepatnya 21 Januari 1968 di Bandung Ibukota. Dia seorang pianis dan musikus handal yang dimiliki Indonesia. Pencipta lagu lagu cinta yang sangat brilian, dari Ibukota Jawa barat. Mendirikan Band \"Kahitna\" dan beberapa group musik lainnya. Seperti;Group \"Yovie and Nuno”.



Ada banyak artis sukses yang diorbitkan melalui Yovie Widianto. Dengan lagu lagunya yang bernuansa cinta.seperti: Rio Febrian, Audy, Tetty Manurung, Rida Sita Dewi, Rita Effendy , Yana Yulio, Pinkan Mambo, Delon, Astrid, Chrisye, Glen Fredly, Lingua, Andity, Ihsan, Dirly, Gea, Bening, Lisa,Arianto, HediYunus, Dea morela, Rossa, Ressa Herlambang, Revo Marty, Monita, dan masih banyak lagi.



Yovie menikah dengan Dewayanti. Di tahun 1998. Mempunyai anak sepasang Putra Putri. Muhammad Arsy Widianto dan Nadhirah Tiara. Muhammad Arsy Widianto yang mewarisi bankat Seni Bapaknya. Kini Arsyi Sudah menjadi Penyanyi Papan atas juga. Ditengah kesibukannya di musik. Yovie, berhasil menyelesaikan kuliahnya. Jurusan Hubungan Internasional Fisip UNPAD Bandung, dengan predikat Cumlaude.



Yovie, mulai berkiprah di tingkat Nasional dengan mengikuti Festival band tingkat nasional. Di balai sidang Jakarta ( sekarang Jakarta- Convention Center / JCC) pada tahun 1986. Pada tahun itu juga membentuk band “KAHITNA”. Dari situlah dimulai berbagai prestasi Nasional maupun Internasional diraih oleh Yovie. Termasuk The Best Composer pada Young Star Internasional festival di Taipei,Taiwan ,tahun 1991.



Dalam ajang AMI Awards 2009, Ia dihadiahi Nominasi terbanyak. Sebanyak 7 Nominasi . Dalam kategori duo atau kolaborasi group terbaik. Penata musik terbaik. Pendatang baru terbaik. Album terbaik dari yang terbaik. Karya produksi yang terbaik dari yang terbaik.



Kunci suksesnya hingga eksis sampai 33 tahun, terletak pada ketulusannya dalam mengeluarkan karya , yang dipadukan dengan kekuatan rasa. Selain itu karena dukungan team yang solid . Buktinya Group band \"Kahitna\" hampir tidak pernah bongkar pasang personalia. Seperti yang terjadi pada group band lain.



Mewarnai industri kreatif dibutuhkan keihlasan dalam berkarya. Kreativitas perlu sesuai dengan kebutuhan pasar tapi originalitasnya juga terjaga, agar tidak jadi follower terus.itu yang menjadi dasar pemikiran. Sehingga bisa selalu punya energi, genap sudah 33 Tahun berkarya di Musik.



Apa yang menjadi keistimewaan Yovie Widianto hingga bisa eksis 33 tahun berkarya di bidang seni yang sampai detik ini ditekuni;

Pertama; Pertemanan dalam membangun Team. Dia sangat menyadari bahwa kesuksesan seorang Artis itu tidak berdiri sendiri, tapi ada banyak orang yang bekerja untuk kesuksesan itu. Ada yang menyiapkan alat music, ada yang menyiapkan sounsistem , ada yang menyiapkan panggung dan lain sebagainya . Selain itu juga mereka punya keluarga yang semuanya harus dikasih nafkah. Untuk itu pertemanan merupakan pokok dari kesolidan dalam berkarya.



Kedua; Originalitas selalu di unggulkan. Saat Yovie ditanya apa maksudnya originalitas itu? Dia menjawab , Itikad baik. Membuat lagu sendiri dan menyayikan lagu sendiri merupakan kebanggaan. Lebih percaya diri. Ada kepuasan dalam berkarya. Apalagi ada apresiasi dari masyarakat, itu bukan sekedar bonus tapi energy yang luar biasa untuk terus berkarya. Originalitas itu masalah hati. “Media bisa berubah tapi hati, tak kan terganti”.



Ketiga ; Kejujuran dan ketulusan dalam berkarya. Kejujuran dan ketulusan bukan hanya kata kata yang indah. Tapi kejujuran dan ketulusan yang mempunyai makna. Berkarya untuk kemanfaatan orang banyak , lebih di utamakan. Untuk itu tulus dan ihlas dalam berkarya juga unsur yang sangat penting. Sehingga ada banyak tantangan hambatan dan cobaan . Tetap bisa dilalui dengan mudah.



Keempat; Untuk melindungi hak cipta. Membuat gerakan , jangan beli bajakan. Mengenai Hak cipta ini perlu ada keseriusan, baik pemerintah maupun masyarakat penikmat music. Kreatifitas dan hak cipta harus dilindungi. Karena kreatifitas dalam berkarya, tidak tiba tiba ada . Tapi perlu perjuangan dan pengorbanan yang panjang sehingga kreatifitas dan karya itu bias dinikmati khalayak ramai. Untuk itu siapapun dia . Jangan beli produk bajakan.



Kelima, Bahasa Indonesia dijadikan Identitas bangsa. Identitas itu baik dimata orang Indonesia maupun dunia Internasional. Ditengah maraknya lagu barat atau band Indonesia menyanyikan lagu barat Yovie Widianto tetap menggunakan lagu Indonesia.

Indonesia itu kaya akan bahasa ,seni dan budaya. Mengenai persoalan bahasa, walaupun seluruh Indonesia Bahasa persatuannya Bahasa Indonesia , tapi logat dan dialek dalam mengucapkan kata katanya pasti berbeda beda. Dengan berbahasa Indonesia berarti membumikan Bahasa persatuan keseluruh pelosok negri dan mempublikasikan Bahasa Indonesia keseluruh dunia.



Keenam; Idealisme Yovie. Sebagai pelaku seni, dia memiliki Idealisme dan Independensi yang sangat kuat. Tidak mudah berfihak dan tidak latah untuk ikut dukung mendukung bila ada kontestasi politik . Tetap focus berkarya untuk bangsa. Seperti pada saat Pilpres 2019 , Yovi Widianto mendirikan sebuah gerakan moral yang bernama “Ruang Tengah”.

Ruang tengah, merupakan sebuah gerakan komunitas kreatif, para pengusaha dan pelaku seni. Untuk tetap berkarya, ditengah masyarakat Indonesia yang terbelah menjadi dua antara mendukung Jokowi dan Prabowo..

Bersama banyak Artis dan para pelaku bisnis kreatif, Yovie Widianto didaulat sebagai pemimpin gerakan moral tersebut. Gerakan ini benar benar kreatif . Sebagai manifestasi ada komunitas yang masih peduli penuh, terhadap kemajuan bangsa tanpa harus larut dukung mendukung dalam pusaran politik.





Jakarta, 23/0819
*CIREBON MERDEKA DULUAN*





BY: Subhan Alba Bisyri Marzuki.





“PROKLAMASI CIREBON”. Naskah Proklamasi kemerdekaan itu dibacakan pertama oleh Dr Sudarsono di Cirebon. Tepatnya pada tanggal 15 Agustus 1945. Di Persimpangan Alun Alun Kejaksan Kota Cirebon. Dihadiri sekitar 150 orang .

Setelah 3,5 abad dijajah Belanda dan ditambah 3,5 Tahun dijajah Jepang. Ahirnya bangsa kita memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka. Momentum tersebut sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia.



Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu dibacakan oleh Ir Sukarno pada tanggal 17 Agustus di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.



Namun pada rangkaian hari hari sebelum detik detik kemerdekaan , ada sejarah yang tak terpisahkan dengan itu.



“Jangan Sekali Kali Meninggalkan Sejarah” atau disingkat JASMERAH”. Begitu Semboyan kondang yang diucapkan Ir. Soekarno. Dalam pidato terahir pada HUT RI 17 Agustus 1966.



Ada sejarah yang nyaris terlupakan bahwa Proklamasi kemerdekaan itu yang paling pertama dibacakan di Cirebon, dikenal dengan nama “Deklarasi Cirebon”.

Teks Kemerdekaan tersebut dibacakan oleh Dokter Sudarsono , Kepala Rumah Sakit Umum Kesambi (Sekarang RSUD Gunung Jati), Di Cirebon Pada Tanggal 15 Agustus 1945.



Naskahnya tersebut terdiri dari 300 kata, diketik langsung oleh Sutan Syahrir. Ketua PNI (Partai Nasional Indonesia). Dihadiri sekitar 150 orang mayoritas Kader Pendidikan Nasional Indonesia.



Proklamasi dibacakan di perempatan Jalan dekat alun alun kejaksan. Sekarang perempatan jalan tersebut menjadi titik temu antara Jalan Siliwangi, Jalan Kartini dan Jalan Veteran.

Ditengah tengah perempatan itulah, Letak Sebuah tugu berlapiskan keramik abu muda dengan ujung lancip menyerupai pensil berdiri tegak. Itulah saksi sejarah nasional Indonesia yang sangat monumental Tugu “PROKLAMASI CIREBON”.



Cirebon Merdeka Duluan.



Detik Detik persiapan kemerdekaan masih diperdebatkan antara Sukarno –Hatta dan Sjahrir. Sjahrir yang mengetahui Jepang takluk terhadap sekutu ingin segara Proklamasi itu dilakukan.



Saat Sukarno dan Hatta gagal dapat konfirmasi resmi dari otoritas Jepang . Maka, Segera menemui Laksamana Maeda Tadashi untuk mendapatkan kepastian informasi.

Pada saat ditanya Perihal Menyerahnya Jepang, Meida tidak bias menjawab. Dari situ Sukarno –Hatta makin yakin bahwa Jepang sudah berhasil ditundkkan.

Melalui Jaringannya telah mengkondisikan agar persiapan kemerdekaan dipercepat, rekan rekan mahasiswa dan kelompok pemuda di berbagai daerah luar Kota Jakarta menunggu detik detik proklamasi, termasuk di Cirebon yang menjadi basis Pendidikan Nasional Indonesia. Jadi bagi Sjahrir tidak sulit untuk mengumpulkan masa di Cirebon.



Para Pemuda Cirebon atas pengkondisian Sutan Syahrir ingin secepatnya memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Agar kemerdekaannya diketahui oleh dunia Internasional bahwa kemerdekaannya bukan hadiah dari Jepang.

Syahrir yang rajin mendengarkan Radio BBC, mengetahui berita bahwa Jepang menyerah pada sekutu. Maka mendesak segera Agar Bung Karno segera Memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia.



Namun Karena situasi Jakarta saat itu secara politik sedang kurang kondusif. Maka, Bung Karno lebih memilih untuk tidak terburu buru. Karena Jepang secara defacto masih berkuasa di Indonesia , bila dipaksakan maka bisa terjadi pertumpahan darah.



Sutan Syahrir memegang jaji Bung karno yang akan membacakan teks proklamasi keerdekaan secepatnya, tetap mendesak Ir Soekarno agar memproklamirkan kemerdekaannya. tapi hingga petang hari tanggal 15 Agustus 1945 belum juga pembacaan teks Proklamasi, sementar pemuda pemuda Cirebon sudah resah berkumpul di Alun Alun Kejaksan.



Ahirnya Dokter Sudarsono membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia , di perempatan jalan dekat alun alun kejaksan Cirebon tersebut, Sebelum teks Proklamasi itu dibacakan didaerah manapun termasuk di Jakarta.



Namun sayangnya jejak naskah proklamasi itu entah kemana, yang tersisa hanya Tugu Proklamasi Cirebon sebagai saksi sejarah kemerdekaan yang pertama di Indonesia.



Setelah pembacaan “Proklamasi Cirebon”. Keesokan harinya. Pada tanggal 16 Agustus jam 03.00 WIB sekelompok pemuda yang tidak sabar ingin segera merdeka menculik Bung Karno ke Rengasdengklok Karawang. Barulah keesokan harinya tanggal 17 Agustus ,naskah proklamasi kemerdekaan yang diketik oleh Sayuti Melik tersebut dibacakan dan berita kemerdekaan di siarkan di seluruh pelosok negri.

Mulailah Pekik ,Merdeka… Merdeka…. Merdek terdengar dimana mana.



SEBAGAI ORANG CIREBON



Saya asli Wong Cirebon. Bapak dan Ibu wilayah Karesidenan Cirebon. untuk orang Cirebon yang ada di seluruh pelosok negrei. Perlu menjaga Anugerah itu . Pertama , Sebagai tempat dibacakannya Proklamasi yang pertama. Bagian yang tak terpisahkan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Bahwa Wong Cirebon perlu lebih dalam lagi menjiwai nilai nilai nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja dan karya serta sekuat jiwa raga dalam menjaga Pancasila, NKRI, Binekatunggal ika dan UUD 45.



Kedua, Tugu “Proklamasi Cirebon”. Selayaknya dijadikan monument yang terawat dan dijadikan bangunan sejarah Nasional yang indah dan megah , bila perlu dibangun lebih instagramebel, bilaperlu dijadikan salah satu ikonnya Cirebon. Karena, Bukan tidak mungkin ,bila dibranding dengan jiwa nasionalisme yang tinggi maka akan menjadi mahnet wisata sejarah nasional yang lebih baik.

Akan lebih banyak wisatawan nasional yang ingin mengetahui adanya monument “PROKLAMASI CIREBON” sebagai saksi sejarah rangkaian perjuangan sebelum adanya “TUGU PROKLAMASI” di Jakarta.



Ketiga, Dalam memperingati 17 Agustus juga perlu memasukkan rangkaian mengingatan bahwa “Deklarasi Cirebon” Pernah ada. Agar dalam rangka menumbuhkan jiwa nasionalisme itu berkembang lebih baik.

Saudaraku sebangsa setanah air . “ Belum Ke Pulau Jawa sebelum mampir ke Cirebon”. Cirebon itu antic dan unic . bukan Jawa dan bukan sunda itulah “Cirebon”



“SELAMAT HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 74”



Hari ini, 15 Agustus 1945. 74 Tahun yang lalu saat dibaca Naskah “PROKLAMASI CIREBON”



__________________________

Foto Tugu Proklamasi Cirebon dan Tugu Proklamasi Jakarta, disandingkan, hanya mengingatkan betapa kedua tugu itu memiliki nilai sejarah Indonesia yang sangat tinggi)
JOKOWI-PRABOWO SATU GERBONG





Momentum teladan dua negarawan, pertemuan perdana antara Jokowi dan Prabowo setelah Pemilu Presiden 17 April 2019. Saat langka paling ditunggu tunggu masyarakat Indonesia antara dua kutub kontestan itu akhirnya bisa terjadi pada tanggal 13 Juli 2019 di atas MRT dari Lebak bulus Ke stasiun Senayan. Pendidikan terbaik demokrasi Indonesia telah diukir dengan jiwa patriotik sebagai seorang negarawan , sekeras apapun kompetisi Pilpres dapat di selesaikan dengan bersilaturrahmi.



Pada saat konfrensi perss Prabowo Subianto sudah mengucapkan Selamat atas terpilihnya Jokowi menjadi presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 bukan hanya ucapan dari jauh tapi sangat sempurna, karena bertemu langsung ,mengucapkan selamat , bersalaman dan berpelukan. Bahkan Prabowo mengatakan siap membantu pemerintahan bila diperlukan.



Penutupan episode drama panjang pemilu presiden yang begitu keras karena diwarnai dengan peristiwa peristiwa hoax hingga ada yang di Vonis 2 Tahun oleh pengadilan , merebaknya politik identitas, 554 orang meninggal, 3,788 Orang sakit dari penyelenggara pemilu karena kecapean, 9 Orang meninggal dalam kerusuhan 21-22 Mei saat penetapan hasil pilpres oleh KPU RI, munculnya istilah kurang pantas \"Cebong\" untuk pendukung Jokowi dan \"Kampret\" untuk pendukung Prabowo, caci-maki , hujatan , nyinyiran , mewarnai polarisasi satu tahun selama tahapan Pilpres 2019 berlangsung.



Pada hari yang sama Sandiaga Salahudin Uno calon wakil presiden Prabowo Subianto juga mengadakan kegiatan yang bertemakan milenial di Kemang Village, bersama dengan Erik Tohir ketua Tim Pemenangan Nasional Calon Presiden Joko Widodo -KH Ma\'arif Amin. Hari Minggu itu merupakan momentum bersatunya dua mantan lawan tanding ,melalui pertemuan MRT dan Kemang Village Itu diharapkan selesailah sudah cerita dukung mendukung Pilpres 2019, momentum rekonsiliasi ini juga supaya diikuti oleh para pendukung masing-masing mantan Kandidat diseluruh pelosok negri.



By: Subhan Alba



Jakarta, 16.07.19
Pencalonan Pilkada

___________________

By: Subhan Alba



Calon kandidat Pilkada, bisa dari Partai Politik dan bisa dari perseorangan. Masing masing punya syarat yang berbeda. Untuk kandidat yang dari Partai politik syaratnya 20% Kursi DPRD setempat ,atau 20% Suara Sah hasil pemilu 2019. Bila partai pengusungnya kurang dari 20% , maka harus koalisi dengan partai lain, sehingga bisa memenuhi persyaratan.



Nyalon di Pilkada berbeda dengan nyalon Di DPR RI. Kalau nyalon di DPR RI hanya dari satu partai. Tapi, Nyalon di Pilkada biasanya lebih banyak partai. lebih punya peluang untuk memenangkan pertarungan. Bahkan banyak kandidat Pilkada ,yang mengambil hampir semua partai untuk mengusung dirinya. Disisakan sedikit partai yang tidak strategis agar melemahkan lawannya. Ada juga yang sengaja mengambil semua partai untuk mendukung dirinya dan dibiarkan lawannya dengan kotak kosong.



Bakal Calon di Pilkada, tidak bisa maju sendiri daftar ke KPU ( Komisi Pemilihan Umum) Daerah. Yang mendaftar ke KPU harus Partai Politik. Makanya, calon kandidat harus mendaftar dulu ke partai politik. Biasanya partai politik mengadakan pendaftaran di internal partainya. Lalu setelah membuka pendaftaran.



Para bakal calon yang terdaftar akan diseleksi. Hasil seleksi kandidat di internal Parpol, diajukan ke Ketua Umum DPP partai, untuk dibuatkan SK ( Surat keputusan) resmi calon kandidat dari Partai yang ditanda tangani oleh ketua umum dan sekretaris umum, dan tidak boleh diwakilkan.



Seorang Calon kandidat. Sebelum pencalonan perlu fokus dulu pada internal partai pengusung sampai SK dari partai mencantumkan nama sang kandidat tersebut. Setelah itu baru masuk ke rencana, pembentukan Team. Kampanye serangan darat. Serangan Udara. Serangan dunia Maya untuk strategi memenangkan suara.



Jakarta, 12.08.19
###############

Langkah Prabowo



By: Subhan Alba



Belum genap satu bulan. Antara Juli dan Agustus. Ada tiga langkah Viral Prabowo Pasca Pilpres . Pertama, Pertemuan Prabowo dengan Jokowi di MRT. Kedua, Pertemuan Prabowo dengan Megawati di Jalan Teuku Umar dan Ketiga Prabowo menghadiri Kongres V PDIP di Bali. Berhasil mengobrak abrik tajamnya polarisasi Pilpres 2019. Selama setahun tahapan Pilpres masyarakat terbelah menjadi dua dan saling menyerang. Kini banyak yang keheranan karena begitu dekat dengan musuh musuhnya di Pilpres. Benar benar menjadi pelajaran politik yang menarik.Kenapa Prabowo melakukan itu?



Tiga langkah itu. cukup membuat mantan lawan Jokowi tersebut dapat nilai positif pasca pilpres . Walaupun masyarakat tetap tidak akan lupa saat berada pada tahapan tahapan kontestasi pilpres. Bisa dibilang sangat seru. Tapi itulah kontestasi. Langkah langkah itu cukup menjadi teka teki Apakah akan lebih baik bila Prabowo ada di pemerintahan ? Ataukah lebih baik di luar pemerintahan?.Bila Prabowo dan Gerindra ada di dalam pemerintahan ? Maka siapa yang akan menjadi oposisi konstruktif?. Siapa yang akan meluruskan bila pemerintah berjalan tidak sesuai kehendak rakyat?. bila itu terjadi maka negara dalam keadaan kurang sehat. Ya pertanyaan pertanyaan seperti itu terus menghiasi banyak perbincangan dimasyarakat.



Sebenarnya satu satunya kelompak kuat sebagai oposisi adalah Prabowo dan Gerindra. Prabowo, pemenang kedua calon presiden yang melawan Jokowi, yang kebetulan calonnya cuman dua. Gerindra Partai pemenang Pemilu kedua Setelah PDIP. Porsi yang sangat pas untuk kebaikan negara. Koalisi pendukung Jokowi memerintah dan koalisi pendukung Prabowo menjadi kekuatan Penyeimbang. Tinggal kompromi pembagian tugas dengan fokus untuk kepentingan bangsa dan negara.



Ada sisi terpuji mengenai langkah Prabowo tersebut. Pertama ,Terjadinya rekonsiliasi. Pertemuan Jokowi - Prabowo di MRT merupakan moment kerinduan rekonsiliasi nasional, yang sempat begitu tajam kontestasi itu berhadap hadapan. Bertemunya puncak tokoh yang bertarung. Sehingga dengan pertemuan itu . Akan ditiru oleh para pendukungnya masing masing di seluruh pelosok negeri. Apalagi ditambah ketemu Megawati dan hadir di kongres PDIP.



Kedua, Prabowo melakukan langkah rekonsiliasi itu ada punya makna, meninggalkan penumpang gelap. Para pendonpleng sekarang gigit jari. Tidak lagi punya sosok yang dijadikan rujukan dalam berpolitik. Karena tujuannya juga memang beda. Yang disinyalir tidak sejalan dengan Ideologi negara. Kita bersyukur, kini pasca pilpres sudah mencair dan masyarakat kembali guyub.



Tapi, terlalu akrabnya Mega dan Prabowo , membuat cemburu partai Koalisi Pendukung Jokowi. Maklum, karena Golkar,Nasdem, PKB dan PPP yang bertempur keras memenangkan Jokowi.

Ya sudahlah, biarkan para tokoh politik dengan langkah langkahnya, yang penting negara kondusif. \"Damai itu indah\". Masyarakat bosen dengan kegaduhan Politik.



Jakarta 13.08.19.
hidup itu tentang apa yang bisa berikan. bukan apa yang bisa kita dapatkan.


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111