Elex Media Komputindo
Penerbit Buku dan Multimedia Grup Kompas-Gramedia
lihat:

Meet and Greet Hijab OOTD Bekasi

Minggu, 25 Oktober kemarin HijabOOTDIndo mengadakan Meet and Greet HijabOOTDIndo Bekasi di Warung Pasta, Kalimalang. Alhamdulillah,acara berjalan lancar dan seru. Di acara Meet and Greet kemarin ada sharing bersama Shinta (Founder HijabOOTDIndo) dan UssiyFauziah (personil Noura)dengan moderator Yora Anastasha.

Pada sesi pertama, Shinta berbagi tentang cerita perjalanan dan perjuangannya sebagai Founder HijabOOTDIndo. Selain itu, Shinta juga berbagi tips mengenai Hijab OOTD dan kriteria OOTD seperti apa yang terpilih untuk di-post di akun Instagram @hijabootdindo.

Pada sesi kedua giliran Ussiy Fauziah yang bercerita perjalanan karirnya sampai saat ini. Ussiy juga berbagi tips mengenai outfit. Dia juga memberikan turorial hijab yang dia gunakan ketika tampil bersama Noura. Setelah sharing, dilakukan sesi tanya jawab yang membuat para peserta semakin antusias. Ussiy juga berbagi tips bagaimana mengatur waktu dalam padatnya jadwal sehari-hari.

Menjelang akhir acara para peserta diajak untuk mengikuti lomba OOTD on The Spot dengan tema outfit monochrome. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba OOTD on The Spot dan pembagian doorprize yang salah satunya diberikan oleh Aluisius Arisubagijo selaku GM Elex Media Komputindo.(MR/Red)



#Event

Buku Cake pop decorating dan Cake decorating 3D Go International

Hampir semua orang pasti mempunyai mimpi untuk dapat mencanangkan prestasi di luar negeri, hampir semua orang juga pasti ingin membuat sesuatu yang dapat dibanggakan kepada Indonesia ketika dapat tampil di acara luar negeri.

Itulah yang terjadi dengan dua buku karya Etha Margaretha Trezise. Buku karya wanita cantik ini baru saja berpartisipasi di ajang Frankfurt Book Fair 2015 di Jerman, pada 14 s.d. 18 Oktober 2015 lalu. Beragam buku tentang mendekorasi aneka kue karya Etha juga telah tersedia di Amazon USA dan juga di seluruh toko buku Gramedia di Indonesia.

Saat ini Etha telah membuktikan bahwa karya anak bangsa dapat tampil di pentas Internasional. Mungkin nanti giliran Anda atau karya Anda yang akan tampil.

(Red)



#Insight

Perpustakaan Mutamakkin Gelar Bedah Buku Kiai Sahal Mahfudh

Margoyoso- Demi menggali pemikiran dan memperdalam keilmuan Kiai Sahal Mahfudh, pengurus perpustakaan Mutamakkin menggadakan bedah buku .Mengembangkan Fikih Sosial KH. MA. Sahal Mahfudh: Elaborasi Lima Ciri Utama. dalam rangkaian acara Festival Kajen 2015, Sabtu (31/10).


Menurut Jamal makmur selaku penulis buku tersebut, kebiasaan beliau dalam menjalankan salat tahajud tidak pernah beliau tinggalkan. Kiai Sahal juga tidak pernah makan sampai kenyang, hadir tepat waktu dalam sebuah acara, berpenampilan sederhana dan tidak berlebihan, semua itu beliau lakukan secara istiqamah. Selain itu, sejak di pesantren sampai akhir hayatnya beliau aktif membaca, musyawarah, diskusi agama (bahtsul masail), dan organaisasi yang beliau lakukan secra kontinu. Karena aktivitas-aktivitas tersebut, beliau mampu melahirkan karya-karya besar yang fenomenal sampai go internasional baik intelektual maupun ilmu sosial. Uniknya, semua karya beliau merujuk pada refrensi kitab kuning tanpa satu pun yang merujuk pada refrensi dari buku barat, terang Jamal Makmur.


Sedangkan menurut Muhammad Ni.am Sutaman, Kiai Sahal Mahfudh adalah seorang mujtahid yang mampu memberikan dampak sosial positif di masyarakat melalui konsep fikih sosial beliau. Salah satu contohnya adalah kontribusi fikih sosial yang menggerakkan dinamika fikih dan peran beliau dalam memberdayakan ekonomi masyarakat yang mampu memberikan sumbangsih terhadap masyarakat kajen sekitarnya. Ia menambahkan bahwa fikih sosial merupakan terobosan pikiran yang luar biasa dalam lingkar NU maupun Islam di indoneisa. Karena fikih sosial yang ditulis oleh kiai Sahal merupakan ijtihad untuk menemukan masalah-masalah di masyarakat yang beliau ambil konsep gagasannya dari teks kitab klasik dan dikontekstualisasikan. Sehingga fikih sosial ini bisa memberikan pandangan, dan menjawab masalah yang ada di masyarakat.


Acara bedah buku yang dihadiri puluhan santri di sekitar pondok pesantren desa Kajen, Pati berjalan lancar dan para peserta sangat antusias, ungkap Farid Abbad selaku panitia.



(JM/Writer)



#Event

Gelaran Acara ICC 2015

“Jika Anda seorang kolektor mainan, fans berat AniManga, pecandu film, penikmat seni populer, atau sekedar penasaran terhadap kencangnya arus budaya populer di Indonesia, ICC telah menyiapkan sesuatu yang spesial!



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC1.jpg">
Press Conference ICC 2015 - James Boey, General Manager Reed Exhibitions.


Jakarta, 14 - 15 November 2015 - Gelaran acara budaya populer berlangsung di Jakarta Convention Center dengan menampilkan perpaduan unik antara budaya populer barat dengan timur. Dari budaya populer barat diwakili oleh sederet nama-nama tenar seperti David Mack, Penulis Bestseller New York Times sekaligus komikus tokoh dari dunia Marvel, Dare Devil. Simone Legno, Designer Brand Tokidoki dan sederetan tokoh-tokoh lainnya. Dari budaya populer Timur dimotori oleh Sang Legenda, Kenji Ohba, Jouchaku! yang menghidupkan kembali idola, masa kecilmu, Gavan.



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC5.jpg">
Kenji Ohba, Jouchaku! Aktor pemeran Gavan.


Total 160 exhibitor dari 6 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Amerika, Italia berpartisipasi diacara dengan menampilkan produk-produk andalan sekaligus memberikan pengalaman seru untuk pengunjung.



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC6.jpg">


ICC tahun ini, Elex Media Komputindo berkolaborasi dengan M&C! menampilkan produk-produk komik terkenal, baik terjemahan maupun lokal. Dari genre Manga, Elex Media mengangkat seri Attack On Titan yang saat ini benar-benar menjadi raksasa Manga dengan penjualannya yang sudah mencapai angka 52 juta eksemplar di seluruh dunia. Penjualan merchandise maupun game aplikasinya juga terbilang tinggi. Di Indonesia, Elex Media telah menerbitkan beberapa seri dari Attack On Titan, diluar seri yang reguler. Mulai dari Light Novel Before The Fall, Spin-Off Attack On Titan No Regrets, hingga seri kocak Junior High School.



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC2.jpg">


Selain Attack On Titan, seri-seri baru yang menggebrak dunia Manga juga ditampilkan dalam dekorasi booth maupun produk, yaitu Assassination Classroom dan Seven Deadly Sins.



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC8.jpg">
Cosplayer Seven Deadly Sins.


Dihari kedua event, booth Elex Media dikejutkan oleh kedatangan 5 karakter dalam Seven Deadly Sins, seperti Meliodas, Elizabeth, dan Hawk. Mereka adalah cosplayer yang tergabung dalam komunitas cosplay Machi dan yang ternyata juga fans berat Manga Seven Deadly Sins. Tahun ini Manga berlatar belakang kerajaan Britania akan terbit 2 volume.



Dari M&C! mengangkat komik lokal berjudul Grey & Jingga karya Sweta Kartika. Kedatangan Sweta Kartika di booth untuk memberikan tanda tangan sekaligus foto bersama cukup menarik perhatian sehingga penjualan komiknya Sold Out!

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC3.jpg">


Tidak ada perayaan budaya populer tanpa ikon-ikon kenamaan dari ranah komik, games, film dalam balutan cosplay. Mereka berjalan-jalan mengelilingi tiap booth dan sesekali harus berhenti karena permintaan foto bersama oleh pengunjung. Namun semuanya terlihat menyenangkan.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC4.jpg">


Sebagai aktivitas utama, para cosplayer bertanding di ajang Championship of Cosplay yang pemenangnya mewakili Indonesia di ajang Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2) 2016 dan bersaing dengan cosplayer dari seluruh dunia.



Hingar bingar ICC 2015 terdengar dari panggung utama saat musik vocaloid dimainkan oleh DJ Sasakure.Uk dan Yuyoyuppe. Pengunjung semakin hanyut dan cahaya glow stick memancar dari depan panggung seperti lautan lampu warna-warni.



https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/ICC9.jpg">
Penampilan Sasakure.UK


Semua orang diundang untuk bergabung dalam kemeriahan selebrasi budaya populer terbesar di Indonesia. Sampai jumpa di perayaan selanjutnya tahun depan!



(Andika Pramudya - Elex Comic Product Specialist)



#Event

Konferensi Pers Komik JAPAR "Jajanan Pasar"

Jakarta, Selasa 24 November 2015 Kartun Jajanan Pasar atau sering disebut Japarr akhirnya merilis komik yang peluncuran perdananya diadakan di Dapur Solo Jakarta. Acara yang didukung oleh JNE tersebut dihadiri oleh Glenn Ardiansyah (Founder Kartun Jajanan Pasar),Dik Doang serta beberapa media seperti Metro TV, Food Blogger, Kompas TV dan lain-lain. Japarr yang sudah berdiri sejak 4 tahun yang lalu tersebut memang mempunyai banyak inovasi dalam perkembangan karakter kartun yang dimiliki.

Sesuai dengan ide awal yaitu membangun moral dengan inovasi komik lain selain percintaan dan perkelahian, Japarr berharap dapat membuat karakter yang dapat mewakili tiap provinsi di Indonesia. Beberapa pengembangan yang direncanakan dan dicita-citakan oleh Jappar antara lain :

  • Kedai Japar
  • Hotel Tematik/ Guest House
  • Playland
  • Food Truck
  • Kedai Japar
  • Rumah Sakit
  • Taman Tematik
  • Playland Indoor
  • Game Japar
https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/karakter_japar.png">



#Event

[FOTO]Launching buku Taatku Bahagiaku karya Ninik Widayati Tohir (Bundi)

Launching buku Taatku Bahagiaku karya Ninik Widayati Tohir (Bundi), 23 November, Gramedia Emerald Bintaro.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/article/ninik1.jpg" style="width: 100%:">
https://s3.amazonaws.com/elexmedia/article/ninik2.jpg" style="width: 100%:">
https://s3.amazonaws.com/elexmedia/article/ninik3.jpg" style="width: 100%:">

*sumber foto : https://www.instagram.com/ninikhs/">IG : ninikhs



#Event

Komunitas Aktif Kreatif

Penggunaan gadget bagi anak-anak, terutama remaja saat ini seakan sulit untuk dibendung. Meski gadget memiliki dampak yang positif dan negatif bagi anak, tetapi orangtua memiliki kekhawatiran tersendiri. Anak yang kerap main gadget akan menjadi anak yang introvert atau tertutup. Dia tidak mau cerita ke orangtua lantaran lebih asyik menulis status di sosial media atau komunikasi hanya lewat gadget. Sedihnya, banyak orangtua sekarang yang malah membelikan gadget khusus untuk anaknya supaya anaknya bisa lebih .kalem. ketika sedang main di luar. Berangkat dari kekhawatiran itu, 6 Desember 2015 kemarin Aktif Kreatif pertama diadakan. Aktif Kreatif adalah kampanye sosial yang mengangkat fenomena masa kini ketika adik.adik kita lebih suka main gadget daripada main di luar atau eksplor dunianya. Aktif Kreatif sebuah ajakan yang diharapkan dapat menjadi sebuah pemicu yang dapat mengedukasi orang tua dan anak untuk melakukan dan mengembangkan hal lain di luar gadget. Menyisakan waktu bersama dengan keluarga untuk bermain atau sekedar membaca buku misalnya.

Bekerja sama dengan PT. Elex Media Komputindo sebagai salah satu penerbit buku anak dan mechandising, dan teman-teman dari Universitas Mercubuana Jakarta. Aktif Kreatif membagikan ratusan buku anak dan merchandise sebagai suatu ajakan untuk lebih aktif dan kreatif dengan membaca buku.

"Konsepnya memang sedikit belok dari konsep awal yang kita rencanakan, tapi kita semua berharap setiap buku yang sudah dibagikan bisa dibaca sampai habis, dan jadi awal yang baik untuk kebiasaan membaca yang baik tanpa henti." kata Meylia Setia kepada Elexmedia.id usai membagikan buku kepada pengunjung. Minggu (6/12).

"Dan buat saya pribadi, senang sekali bisa jadi bagian dari acara ini. Semuanya kompak, suasana kerja barengnya bisa diiringi senyum ketawa sambil sekali . kali ngeledek (eh sering deh), kita semua keliatan 2 - 11 tahun lebih muda pakai baju panitia, dan responnya benar-benar baik. Persiapan acara ini pas banget sama jadwal ujian final anak . anakku, jadwal deadline . deadline padat mematikan beberapa anggota tim yang dibutuhin (banget) karyanya. Tapi, semuanya selesai dengan baik. Terimakasih Elex Media Komputindo, GPA Production, temen . temen Mercu Buana, semoga Aktif Kreatif bener - bener bisa bermanfaat buat orang lain yaaa..." tutupnya.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/aktif-kreatif-1.jpg">

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/aktif-kreatif-2.jpg">

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/aktif-kreatif-3.jpg">

(Aji/Produksi)



#Event

Books for the Blind: Berbagi Lewat Jemari untuk Tunanetra

"Melalui jemari relawan berbagi, melalui jemari tunanetra melihat dunia" . Aria Indrawati, Perwakilan Yayasan Mitra Netra

JAKARTA - Elex Media Komputindo mengajak puluhan relawan untuk mengetik kembali buku-buku terbitannya dalam kegiatan bertajuk .Books for the Blind., Sabtu (5/12/2015) dan Minggu (6/12/2015), di Tower 2 Synthesis Square, Jakarta. Acara ini juga sekaligus memeriahkan Festival Pembaca Indonesia yang diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia.
.Books for the Blind. merupakan kegiatan hasil kerja sama dengan Yayasan Mitra Netra selaku organisasi nirlaba yang memusatkan programnya pada peningkatan kualitas dan partisipasi tunanetra di bidang pendidikan dan pekerjaan. Baik Elex Media Komputindo, maupun Yayasan Mitra Netra berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap kebutuhan buku bacaan bagi tunanetra.

Selama dua hari, 80 relawan yang berpartisipasi dibagi ke dalam empat sesi. Di setiap sesinya, 20 relawan bertanggung jawab menyelesaikan delapan sampai sepuluh halaman dari satu judul buku yang disediakan dengan durasi pengetikan dua jam.

Buku yang diketik ulang merupakan buku best seller pada masanya dan sudah tidak memiliki soft file naskahnya. Yaitu, Kaya Raya Selamanya (Gede Prama), Understanding Your Communication Styles (Ponian Liauw), True Story: Hiduplah Anakku Ibu Mendampingimu (Miyuki Inoue), dan Five Powerful Habits of Physical Intelligence (Ariwibowo P. & Peter Ck).

Selain pengetikan ulang naskah, terdapat pula 93 judul buku yang disumbangkan oleh masing-masing penulis Elex Media Komputindo dalam bentuk digital untuk langsung dikonversikan ke dalam huruf Braille dengan menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh Yayasan Mitra Netra. Aria Indrawati, perwakilan dari Yayasan Mitra Netra, hadir untuk menerima penyerahan secara simbolis dari Vincentius Sugeng Hardojo selaku Manajer Redaksi Elex Media Komputindo, pada acara penutupan, Minggu (6/12/2015).

.Books for the Blind. merupakan salah satu mata acara dari .Dare to Care., yakni kegiatan Corporate Social Responsibility Elex Media Komputindo yang berlangsung sepanjang tahun 2015 atau dalam rangka ulang tahun Elex Media Komputindo yang ke-30. Selain pengetikan untuk tunanetra, penerbit yang berada di bawah payung Kompas Gramedia ini juga telah melaksanakan Blood for Life (donor darah oleh karyawan Kompas Gramedia yang berkantor di Palmerah Barat; Februari 2015), Books for Hope (kegiatan berbagi dan bermain bersama adik-adik di Rumah Sakit Kanker Dharmais; April 2015), dan Belajar Bareng Elex: Digital Library Management Workshop (workshop untuk perpustakaan bersama SLiMS; Juni 2015).

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/bfb-1.jpg">

(Farah/Red)



#Event

Anime Attack on Titan Season 1 Meraih Berbagai Penghargaan!

Sebentar lagi tahun 2015 akan berakhir dan kita akan menyambut tahun 2016. Biasanya pasti ada hal yang kita tunggu-tunggu di tahun yang baru. Motivasi baru? Pacar baru? Gaji (?) baru? Kalau yang paling editor tunggu, sih, pastinya musim kedua dari anime Attack on Titan!

Seperti yang sudah kalian ketahui, serial anime Attack on Titan menciptakan kehebohan yang sama dengan versi komiknya, yang sampai sekarang telah dicetak sebanyak sekitar 40 juta eksemplar.Musim pertama animenya yang diproduksi oleh WIT Studio dan tayang pada bulan April hingga September 2013 mengangkat kisah dalam komik jilid 1 sampai 8. Anime ini berhasil menggambarkan dengan sempurna kekejian Titan dan kengerian yang disebabkan oleh makhluk-makhluk tersebut, juga menghidupkan para karakter unik ciptaan Hajime Isayama.

Kesuksesan anime ini terlihat dari banyaknya penghargaan yang diraihnya, antara lain Peringkat 1 dalam Newtype Anime Award 2013 untuk kategori Sutradara dan Karya Terbaik, Peringkat 1 dalam 18th Animation Kobe Awards untuk kategori Penghargaan Televisi, dan Grand Prize Anime of the Year dalam Tokyo Anime Awards Festival 2014, serta berbagai penghargaan lain.

Apakah musim kedua anime Attack on Titan dapat mengulangi prestasi pendahulunya? Mari kita tunggu di tahun 2016 ini!! ^^

(Red/Adisti)

Sumber:
1. http://gigazine.net/news/20131013-anime-award-machiasobi11/
2.http://animefestival.jp
3.http://www.anime-kobe.jp/



#Insight

Keliling Dunia Lewat Komik Pendidikan Bersama Komji dan Omji

Komji, seorang bocah penggemar sepakbola, yang sedang mengikuti sang Paman menjelajahi pulau tak berpenghuni suatu hari tanpa sengaja bertemu dengan Omji, putri Kerajaan Tumpapa di Underworld. Omji datang bersama dengan Pon, sebuah robot hasil pengembangan teknologi di Kerajaan Tumpapa. Mereka berempat pun menjelajah dunia untuk membantu misi Omji yang mencari Tumpapa Stone ke berbagai belahan negara.

Kisah Komji dan Paman dalam membantu Omji serta Pon dapat kalian baca dalam komik pendidikan seri ‘Why Science? Country & National Flag’. Selain membaca kisah petualangan Komji, kalian juga diajak untuk mencari tahu beberapa negara yang ada di dunia beserta dengan bendera nasional dan juga sejarah singkat negara tersebut. Disertai dengan gambar kartun yang menarik dan imajinatif, komik pendidikan ini tidak hanya menyuguhkan berbagai data mengenai negara-negara di dunia kepada para pembaca, namun juga dilengkapi dengan latihan soal bersama Bu Guru Ban Joo Won di akhir cerita.

Komik pendidikan setebal 184 halaman terbitan PT Elex Media Komputindo ini dapat menjadi panduan yang tepat bagi para murid sekolah dasar dan menengah dalam mempelajari negara-negara di dunia dan juga bendera nasional negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan setiap topik yang tersusun dalam komik pendidikan ‘Why Science? Country & National Flag’ sesuai dengan materi pendidikan yang diajarkan di sekolah. Komik pendidikan ini juga telah melalui pemeriksaan para ahli, dosen dan juga peneliti Korea yang ahli di bidangnya masing-masing.

Penasaran bagaimana kelanjutan kisah petualangan Komji dan kawan-kawan? Tunggu apa lagi? Yuk, kita temani Komji, Omji, Paman dan juga Pon menjelajahi banyak negara di dunia!



#Insight


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111