Elex Media Komputindo Elex Media Komputindo - Elex Media Komputindo            
            
            
            
            
            
            
            
            
             
            
            
            
            
            
            
            
            
                    
                    


    
    
Elex Media Komputindo
Penerbit Buku dan Multimedia Grup Kompas-Gramedia
lihat:

Sekarang kamu bisa membuat akuarium sendiri di rumah. Di sini kamu bisa belajar merakit dan memilih isi akuariummu sendiri. @9786020284545_kids_activity_hewan_laut #merakitakuarium #ikan #hewanlaut
To live a creative life, we must lose our fear of being wrong. Dare to take a risk, break the rules, keep growing, experimenting, and doing a lot of fun.



32 tahun sudah berlalu. Dengan semangat kreativitas, kami akan terus berkarya untuk Indonesia. Semangat baru, kreativitas baru!



Terima kasih atas 32 tahun kebersamaan Anda, para pembaca, penulis, percetakan, rekan media & retail, dan masih banyak lagi. Semoga akan semakin banyak lagi tahun-tahun penuh kretivitas bagi kita untuk tumbuh bersama.



#elexmedia #ulangtahun32 #gramedia #kompasgramedia #tokobuku

Memilih dan Membaca Buku Non-Fiksi dengan Cepat

Berikut ini ancar-ancar untuk memahami satu buku non-fiksi dalam tempo beberapa menit. Tips semacam ini biasanya diperlukan oleh calon pembaca yang gamang memilih dan membeli buku dan juga pembaca yang tidak punya waktu dan kekuatan fisik untuk memahami satu buku non-fiksi.

1. Siapa pengarang?
Mengetahui latarbelakang pengarang sangat membantu memetakan bias dan persepektif yang bakal ditemui di dalam bacaan. Internet akan memudahkan kita menemukan latarbelakang pengarang.


2. Judul, sub-judul, sampul belakang, daftar isi
Komponen buku ini memberi gambaran isi buku secara cepat. Gagasan pokok ada di dalam judul dan sub-judul. Gagasan ringkas itu kemudian dibeberkan berurutan dalam daftar isi. Sampai di sini secara umum kita sudah bisa menangkap apa yang disampaikan di dalam buku.


3. Pengantar dan Kesimpulan
Bagian pengantar akan memberi persoalan yang coba dijawab oleh buku itu. Butir-butir masalah di bagian pengantar akan muncul lagi di bagian kesimpulan lengkap dengan jawaban ringkas pengarang.


4. Membaca Bagian Awal Setiap Bab
Membaca cepat paragraf pertama setiap akan memberi gambaran perjalanan gagasan pengarang. Setelah memahami bagian awal bab, silakan langsung pindah ke awal bab berikutnya. Apabila belum paham, lanjutkan membaca sampai menemukan inti gagasan di bab itu.


5. Kembali ke Daftar Isi
Usai membaca awal paragraf, kembali lah ke bagian Daftar Isi. Pada pembacaan kedua, kamu semestinya sudah bisa memahami isi buku tanpa perlu membaca halaman demi halaman sampai ke kata demi kata. Cara menguji pemahaman ini adalah dengan menceritakan pemahamammu kepada orang lain atau membuat daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan ini bisa ditulis pada kertas dan selipkan pada bagian dalam buku. Ketika ada waktu cukup untuk membaca, daftar pertanyaan ini akan sangat membantu untuk memahami lebih rinci gagasan buku itu.

Punya tips lain? Silakan bagikan di portal ini.



#Insight

8 'Camilan' yang Nggak Bikin Batal Saat Ngabuburit (bagian satu)

Booklovers, apa yang kamu lakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa? Menonton televisi? Berbincang-bincang? Membaca ayat suci Al Quran? Atau membantu orang rumah menyiapkan kudapan berbuka puasa? Membaca buku, khususnya novel, bisa jadi salah satu pilihan kegiatan yang dilakukan saat ngabuburit, lho. Redaksi Novel Elex Media Komputindo punya delapan novel islami yang bisa kamu koleksi dan baca selama bulan Ramadhan ini. Yuk, kita intip judul dan covernya!

Dari judulnya, Booklovers pasti bisa sedikit menebak bahwa novel ini bercerita soal tobatnya seorang manusia. Ya, Kahfi, sang tokoh utama, pernah terjerat beberapa kemaksiatan yang ada di dunia. Sebut saja memakai dan menjual barang terlarang serta berzinah. Tapi, ibu, kakak, bahkan tetangga tak ada yang tahu perilaku Kahfi yang itu. Yang mereka tahu, Kahfi adalah seorang pemuda yang mengerti agama dan yang mengajarkan anak-anak mereka cara membaca ayat Al Quran. Penasaran bagaimana Kahfi ‘ditegur’ oleh Allah Swt., dengan cara yang tak terduga? Baca novel karangan Kurniawan Al-Isyhad yang juga mantan preman dan anak jalanan ini, ya!

2. Kembalinya Sang Fajar

http://elexmedia.id/product/product_detail/89166">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/product/9786020284934.jpg" style="width: 100%;">
Setiap hari, Sang Fajar alias matahari selalu kembali. Artinya, waktu terus berputar. Itulah yang hendak disampaikan Sansan Hasanudin dalam novel debutnya. Kisah sederhana ini dimulai dengan cuplikan perjuangannya menjadi mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ia harus merantau, meninggalkan sementara segala yang ada di kampung halaman. Termasuk kenangan bersama seorang teman perempuannya. Dengan kisah romansa yang sederhana, Sansan juga menyampaikan pesan bahwa dalam hidup hendaknya manusia memiliki tujuan pasti. Yakni, mencintai dan dicintai oleh Sang Pencipta, Allah Swt.

3. Uhibbuka Fillah, Korea!

http://elexmedia.id/product/product_detail/74536">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/product/9786020281490.jpg" style="width: 100%;">
Annyeonghaseyo! Pernah mimpi mendapatkan jodoh yang seiman dan berasal dari Negeri Ginseng, Korea? Duh, Yossie juga! Semua karena drama-drama korea yang Yossie tonton hampir setiap saat. Sudah banyak kawan Yossie yang mengingatkan bahwa jangan terlalu menggila-gilai hal duniawi. Tapi, Yossie tetap Yossie. Dia berkukuh, asal tidak meninggalkan perintah-Nya dan juga menjauhi larangan-Nya, Yossie maju terus. Lalu, tak disangka, Yossie mendapatkan kejutan superbesar. Yossie bertemu dengan Lee Yong In, seorang insinyur sipil asal Korea, yang tertarik dengan dunia Islam karena melihat jilbab yang dikenakan Yossie. Bagaimana Yong In belajar mencintai Islam? Dan apakah keluarga Yossie bisa menerima kehadiran orang asing seperti Yong In? Temukan jawabannya dalam novel karangan Rere ini!

4. Emergency 90: Sujud yang Mengudara

http://elexmedia.id/product/product_detail/75237">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/product/9786020283029.jpg" style="width: 100%;">
Pesawat identik dengan udara, pilot yang mengemudikannya, juga para pramugari cantik serta tampan yang setia melayani penumpang. Kemegahan-kemegahan dari dunia udara itu membuat Keisha Putri ingin mencicipinya. Kei bercita-cita menjadi pramugari di salah satu perusahaan penerbangan. Lewat novel ini, pengarangnya yang juga seorang pramugari bercerita tentang perjuangan meraih mimpi. Tentu, perjuangan-perjuangan itu tidak dapat terhindar dari yang namanya ujian serta cobaan. Tapi, Raden Anggi Rospidia juga menuturkan dalam kisah-kisahnya bahwa Allah Swt., telah berjanji, Dia tidak akan memberikan ujian yang melebihi kemampuan diri umat manusia. Booklovers yang penasaran dengan cara Keisha tetap istiqomah di dunia penerbangan, terus penasaran sama gambaran kehidupan di udara sana, wajib baca novel ini!

Nah, sampai di sini dulu. Sudah ada empat novel dari label LaiQa yang dibahas di sini nih. Mudah-mudahan bisa menjadi pilihan Booklovers untuk menemani kegiatan ngabuburit di bulan Ramadhan ini, ya! Eits, tenang, masih ada empat judul novel LaiQa lagi yang akan dibahas. Jadi, stay tune dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

(Redaksi/Dita)



#Promo

Hawking, Si Jenius yang Pantang Menyerah

Apa kalian pernah mendengar nama Stephen Hawking? Beliau merupakan salah seorang ilmuwan berpengaruh yang terkenal dengan bukunya yang berjudul A Brief History of Time. Hawking lahir di Oxford, Inggris pada tanggal 8 Januari 1942 saat Perang Dunia ke-2 tengah berkecamuk di seluruh Eropa. Hawking merupakan anak dari pasangan Frank Hawking dan Isabel Hawking.

Hawking kecil diketahui menghabiskan masa remajanya di St. Albans. Saat itu ibunya, Isabel Hawking, heran dengan sikap anaknya yang selalu saja berimajinasi dan tidak pernah terlihat belajar dengan serius. Hawking hanya membaca buku yang ia sukai, yaitu mengenai science fiction yang berhubungan dengan ruang angkasa. Pada usia 8 tahun saja Hawking masih belum lancar membaca dan menulis. Sementara ayah Hawking, yang juga merupakan seorang ilmuwan, tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut dan justru melihat bakat lain dalam diri Hawking.

Saat SMP, Hawking dan beberapa temannya berhasil membuat sebuah penemuan yang sangat menakjubkan, yakni komputer. Ia berhasil mengembangkan kalkulator Pascal menjadi sebuah komputer sederhana. Namun sayangnya hingga Hawking lulus sekolah, komputer tersebut hanya menjadi sampah tanpa dikembangkan lebih lanjut.

Hawking pun bersiap untuk memasuki perguruan tinggi dan memilih Universitas Oxford. Semasa kuliah Hawking merasa waktunya terbuang percuma karena ia hanya mempelajari fisika standar saja. Ia pun mulai tidak bersemangat dan jarang hadir di kelas. Akan tetapi suatu hari kegiatan rowing mengubah hari-hari Hawking yang membosankan di kampusnya. Hawking pun bergabung dengan tim olahraga rowing dan mulai kembali menikmati hari-harinya di kampus. Tak berapa lama Hawking menyadari bahwa seharusnya ia belajar serius di Oxford. Ia pun akhirnya kembali serius belajar demi lulus dari Oxford.

Kehidupan Hawking rupanya tidak berjalan mulus, setelah melakukan perjalanan dari Timur Tengah, Hawking jatuh sakit. Ia divonis menderita ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lou Gehrig’s disease. Ini adalah penyakit di mana sel saraf si penderita hancur sehingga menyebabkan kelumpuhan pada otot penderita. Penyakit ini perlahan diprediksi dapat menyebar ke seluruh tubuh dan membuat si penderita lumpuh. Stephen pun merasa putus asa dan tidak punya harapan. Namun, Stephen bangkit dari keterpurukannya dan mulai bersemangat kembali untuk melakukan berbagai penelitian kosmologinya.

Nah, kalian sudah melihat semangat seorang Stephen Hawking, bukan? Bagaimana menurut kalian? Meskipun Hawking dalam kondisi sakit dan divonis dokter tidak bisa bertahan hidup lebih dari dua tahun, namun pada akhirnya Hawking berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu bangkit dan menghasilkan berbagai macam hasil penelitian lainnya. Sifat Hawking yang pantang menyerah ini patut kita tiru.

Kalian masih penasaran apa yang terjadi setelah Hawking menikah dan bagaimana ceritanya hingga Hawking harus kehilangan suaranya dan harus terus duduk di kursi roda? Ayo, temukan kisah selengkapnya mengenai Stephen Hawking dalam buku Why? People: Stephen Hawking. Dengan buku yang didesain dengan gambar yang menarik ini kalian akan diajak untuk mengikuti petualangan Hawking sejak ia lahir hingga berhasil menelurkan beberapa hasil penelitian terbaiknya. Sederet penghargaan serta teori yang Hawking hasilkan pun tercantum dalam buku ini. Mari belajar lebih banyak lagi dari seorang Stephen Hawking!

(Intan/Red)



#Promo

Pemenang Fan Art Challenge

Terima kasih atas partisipasi kalian di #7MustHaveManga Fan Art Challenge. Buat kalian yang udah ga sabar nungguin hasilnya, silahkan pantengin postingan berikut ini ya....

SELAMAT KEPADA KETIGA PEMENANG!
Kalian masing-masing akan mendapatkan sebuah paket eksklusif langsung dari Jepang dan hasil karya kalian akan di-publish di Nakayoshi. Bagi yang kali ini belum menang, jangan sedih karena setiap dua minggu sekali ada quiz berhadiah #7MustHaveManga di Facebook Gramedia Store.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-1.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-1.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-2.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-2.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-3.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-3.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-4.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-4.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-5.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-5.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-6.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-6.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-7.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-7.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-8.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-8.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-9.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-9.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-10.jpg" target="_blank">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner-10.jpg" style="width: 45%; margin: 10px;">

Pemenang


https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/7-fan-art-winner.jpg" style="width: 100%;">



#Quiz

Elex Media di ComicFest ID 2016

Event ComicFest ID mampu membangkitkan gairah industri komik Indonesia. Puluhan exhibitor dan komikus menunjukkan antusiasnya dengan unjuk gigi memamerkan karya terbaik mereka yang tidak kalah dengan komik buatan Amerika atau bahkan Jepang.

Tidak mau ketinggalan dengan kemeriahan di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta 28 - 29 Mei 2016 kemarin, Elex Media Komputindo ikut berpartisipasi sebagai exhibitor sekaligus partner kerjasama PT. Wahana Inspirasi Nusantara.

Dalam event ini Elex Media menyajikan beberapa aktivitas di booth seperti melukis pada dinding booth yang dilakukan secara keroyokan oleh komunitas Komikin Ajah!. Aktivitas ini paling banyak mendapatkan sorotan dari media yang hadir.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-1.jpg" />

Selain itu, Faza Meonk sebagai kreator dari karakter Si Juki juga melakukan sesi signing dan meet & greet dengan penggemarnya. Kebetulan tahun ini, pertama kalinya komik Si Juki diterbitkan dalam format cetak oleh penerbit Elex Media Komputindo bersama komik lokal lainnya seperti Kompilasi Komik Komikin Ajah!.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-2.jpg" /> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-3.jpg" />

Seperti halnya di event-event serupa, booth Elex Media selalu dihiasi oleh Guest Cosplayer yang sudah cukup terkenal. Kali ini Lola Zieta berperan sebagai Irina Jelavic, salah satu karakter terfavorit di komik Assassination Classroom, berdiri dan meminta pengunjung yang hadir untuk gabung ke grup Elexmedia.id, portal terbaru penerbit Elex Media yang sedang banyak menjadi sorotan penggemar buku karena banyaknya fitur menarik dan interaktif.

Secara mengejutkan, Pinky Lu Xun dan Erlan yang saat itu tampil di pementasan Grand Legend Ramayana menyempatkan diri berkunjung semalam 15 menit di booth sebelum mereka tampil di panggung.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-4.jpg" /> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-5.jpg" />

Di panggung utama, pada hari pertama Elex Media bekerjasama dengan PIONICON dan Line Webtoon melaunching komik Si Juki Lika-Liku Anak Kos yang ditutup dengan penampilan duet Jendral Pavlichenko dan Faza Meonk yang menyanyikan single terbaru berjudul Cinta Mart. Hari ke dua acara, gantian Komikin Ajah! dan penerbit Elex Media yang meramaikan panggung dengan acara launching sekaligus talkshow.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-6.jpg" /> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-comicfest-7.jpg" />

(Dika/Prolist)



#Event

LINE WEBTOON BEKERJASAMA DENGAN ELEX MEDIA RILIS SI JUKI : LIKA-LIKU ANAK KOS

Bila anda pembaca setia LINE Webtoon, maka anda tentu tidak asing dengan karakter komik Si Juki. Karakter komik dengan tingkah yang unik dan nyeleneh ini sudah memiliki 3 judul yakni Si Juki : Lika-Liku Anak Kos, Si Juki Nostalgia Ramadhan, dan Si Juki Kisah Kusut Dunia Dongeng.

Tidak hanya di web komik, Si Juki juga sudah banyak meluncurkan komik cetak seperti Ngampus, Si Juki dan Petualangan Lulus UN, Si Juki Cari Kerja, Si Juki Komik Strip dan berbagai judul lainnya.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-juki-1.jpg" style="width: 100%;">

Baru sebulan meluncurkan buku yang berjudul #BeraniGagal, dalam gelaran Comicfest ID 2016 karakter yang di-manage oleh Pionicon ini kembali merilis buku baru berjudul Si Juki Lika-Liku Anak Kos. Komik yang memenangkan Global Popularity Award 2015 di Webtoonist Day Korea ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, penerbit yang terkenal dengan terbitan komiknya baik komik lokal maupun terjemahan. Komik tersebut akan beredar di toko buku mulai 8 Juni 2016.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-juki-3.jpg" style="width: 50%;">

Si Juki Lika-Liku anak Kos mengisahkan keseharian Juki sebagai anak kos yang kreatif namun kocak. Berbagai kesulitan yang dialami anak kos seperti kehabisan uang bulanan, banyaknya tugas, hingga tagihan dari ibu kos diceritakan di dalam komik ini. “Melihat antusiasme yang tinggi di LINE Webtoon terhadap judul ini. Menurut kami, komik ini layak diterbitkan agar mengjangkau masyarakat yang lebih luas” ujar Faza Meonk, kreator Si Juki yang juga CEO Pionicon, sebuah manajemen karakter berbasis IP. “Si Juki adalah komik Webtoon Indonesia pertama yang diterbitkan dalam format cetak, saya harap ini bisa membuka jalan bagi komikus webtoon lain untuk menambah jangkauan pembaca” tambahnya.

(Dika/Prolist)



#Promo

Cowok yang PHP atau Cewek yang Gampang Ge-eR?

Assalamualaikum,
Alhamdulillah Quanta berhasil mempertemukan dua penulis bestseller dalam satu acara. Mungkin di antara kalian ada yang hadir? Acara ini diadakan di Gramedia Matraman, tanggal 29 Mei 2016 lalu dan berhasil menjawab pertanyaan besar tentang cewek dan cowok. Pembahasannya mengenai Cowok yang PHP atau Cewek yang Gampang Ge-eR? Dari pihak cewek ada Ayu @momalula sebagai founder dari @ukhtisally dan pihak cowoknya ada Ahmad Rifai Rifan. Kebayang, kan ramenya seperti apa?! Hehehe.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-ukhti-sally1.jpg" style="width: 48%;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-ukhti-sally2.jpg" style="width: 48%;">

Acara yang dimulai pukul 10.00 ini dibuka oleh MC, Mbak Asri dengan gayanya yang kekinian, berhasil menarik perhatian peserta. Dimulai dari Mas Rifa’i yang memberikan pendapatnya tentang muslimah yang sempurna, membuat para cowok gelisah mencari jodohnya. Kemudian disusul dengan Mbak Ayu yang membahas berbagai hal yang ada dalam pikiran para cewek tentang jodohnya.

Menjelang siang, para peserta diajak untuk menuliskan kriteria calon pasangannya dalam sebuah kertas. Kemudian kertas itu dibaca oleh Mbak Asri. Hmm, mau tahu apa aja jawaban mereka? Kebanyakan yang hadir memang para cewek dan usianya sekitar 19 tahun sampai dengan 28 tahun. Faktanya hampir 90% peserta yang hadir masih jomblo, hihihi, dengan berbagai alasan. Alasannya memang karena belum adanya pasangan dan pacaran bukanlah jalan yang diridhai Allah. Tapi mereka juga menuliskan alasan kenapa belum mau menikah, seperti, masih bantu orangtua, belum siap berumah tangga, belum cukup uangnya, dan lain sebagainya. Padahal dua pembicara kita menikah di usia yang sangat muda dan sudah menghasilkan banyak karya.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan book signing bersama kedua penulis. Sampai jumpa di acara selanjutnya!

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-ukhti-sally3.jpg" style="width: 48%;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/news-ukhti-sally5.jpg" style="width: 48%;">

(Redaksi Quanta)



#Event

Serba-serbi Berat Buku

Bagi kamu yang pernah belanja buku online, biasanya risau dengan ongkir atau ongkos kirim. Apa berat itu sudah benar? Nah, di sini akan dijelaskan sedikit bagaimana memperkirakan berat buku pesananmu dengan lebih pas.

Setiap buku biasanya memberi informasi jenis kertas yang digunakan. Misalkan, kertas HVS (#545454; font-family: arial, sans-serif; font-size: small; line-height: 18.2px;">houtvrij schrijfpapier) atau AP (art paper80 gram. Berat itu bukan lah berat selembar kertas di buku, melainkan per meter persegi.

Jadi apabila ukuran bukumu 14x21 cm, maka luas kertas 0,03 meter persegi per lembar dengan berat 2,3 gram bukan 80 gram.

Nah sekarang apabila bukumu setebal 300 halaman atau 150 lembar, maka berat total bukumu tidak akan jauh dari 350 gram.



#Insight

Lebih Dekat Dengan Dunia Sains Bersama Uju dkk!

Beom Uju merupakan seorang anak yang menerapkan prinsip sains dalam kehidupannya. Suatu ketika saat tengah bermain sepeda tanpa sengaja ia jatuh menabrak sebuah mobil mahal. Pemilik mobil pun marah dan meminta Uju untuk bertanggung jawab dan meminta uang ganti rugi. Uju yang saat itu tidak memiliki uang sepeser pun lantas berpikir keras cara menghasilkan uang demi membayar biaya ganti rugi mobil yang rusak. Ia pun menemukan peluang mendapatkan uang melalui klub eksperimen di sekolahnya yang hendak mengikuti kompetisi sains tingkat provinsi.

Saat sedang belajar dalam Klub Eksperimen Saebyeok, Uju dan teman-temannya menemukan banyak sekali hubungan antara ‘gaya’ dengan kehidupan manusia. Dalam sains, ‘gaya’ berarti suatu aksi yang dapat mengubah bentuk atau gerakan suatu benda. Sebuah apel yang tergantung di atas pohon dapat jatuh ke tanah karena gaya gravitasi. Selain gaya gravitasi, ada juga gaya gesek yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah kamu fakta kita dapat berjalan dengan aman di tanah kering adalah berkat gaya gesek yang besar? Ada juga gaya listrik statis yang membuat rambut Won Soo, teman Uju, berdiri hanya dengan kertas yang digesekkan.

Selain menemukan berbagai macam hal menarik mengenai gaya dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, Uju dan Klub Eksperimen Saebyeok pun melakukan beberapa percobaan sederhana. Ada percobaan menggunakan roket balon demi mengetahui hukum aksi-reaksi. Ada juga percobaan dengan menggunakan dua butir telur yang sudah direbus dan yang masih mentah. Kamu dapat mengetahui mana telur yang masih mentah dan mana telur yang sudah direbus hanya dengan memutarnya, lho!

Semua kisah dan petualangan Uju bersama Klub Eksperimen Kelompok Saebyeok dapat kalian baca dalam komik sains berjudul “Hukum Gaya Gesek”. Seri kedua dari Experiment King of Tomorrow ini didesain dengan cerita semenarik mungkin agar para pembaca tidak merasa bosan dengan penjelasan sains yang terdapat di dalamnya. Dikemas dengan berbagai penjelasan dan juga beberapa contoh percobaan sederhana, kalian diajak untuk ikut memahami sains dengan mudah!

Ayo, lebih dekat lagi dengan dunia sains bersama dengan Uju dan kawan-kawan!



#Promo

Diary Yatim dan Petualang Cinta

Minggu, 19 Juni 2016. Suara merdu alunan surah Ar-Rahman yang dibacakan Rayhan membuat suasana Gramedia Matraman sore itu terasa damai. Dilanjutkan dengan iringan lagu Laskar Pelangi dengan musik angklung yang dimainkan oleh 19anak yatim dari Al-Bayyinah Charity Club. Anak-anak ini merupakan bagian dari kisah-kisah dalam buku http://elexmedia.id/product/product_detail/75292">Diary Yatim dan Petualang Cinta. Dari anak-anak inilah Penulis, Ridha Bayyinah mendapat berbagai hikmah kehidupan dan inspirasi untuk menulis. Melalui buku ini Ridha yang biasa dipanggil Babay mengajak pembaca untuk melihat sisi lain anak-anak yatim dan menebar cinta untuk anak-anak yatim.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/diary-yatim-5.jpg" style="width: 40%;">

Selain bercerita tentang bukunya, Ridha juga berbagi lika-liku proses terbitnya buku Diary Yatim dan Petualang Cinta kepada para tamu dan undangan. Hadir pula Ibunda dari Penulis yang turut bercerita mengenai perjuangan anaknya membangun Al-Bayyinah Charity Club bersama teman-temannya. Saat ini anak yatim yang belajar bersama di Al-Bayyinah Charity Club berjumlah 19 orang dan didampingi oleh para pengajar yang dengan sukarela meluangkan waktunya untuk berbagi cinta pada mereka.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/diary-yatim-1.jpg" style="width: 40%;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/diary-yatim-2.jpg" style="width: 40%;">

Jelang akhir acara, salah seorang anak membacakan puisi cinta untuk ibu diiringi dengan lagu yang ditulis oleh Naya Corath. Selain itu, diadakan juga pelelangan buku Diary Yatim dan Petualang Cinta yang 100% hasil lelangnya akan digunakan untuk kegiatan anak-anak yatim di Al-Bayyinah Charity Club. Acara ditutup dengan doa dan buka puasa bersama anak-anak yatim serta para tamu dan undangan.

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/diary-yatim-4.jpg" style="width: 40%;">

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/diary-yatim-3.jpg" style="width: 40%;">

(Marlin/Red)



#Event

Inspirasi dari Tanah Eropa

Penulis buku Inspirasi dari Tanah Eropa, Ario Muhammad membagikan pengalaman selama belajar di Eropa dalam acara SONITS TALKSHOW di Aula Masjid Manarul Ilmi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (21/08). Acara itu dihadiri sekitar 300 mahasiswa berbagai jurusan.


Dalam kesempatan itu, Ario menukil berbagai bagian buku, termasuk informasi beasiswa dan perikehidupan di sana baik dalam bentuk lisan maupun audio-visual.

Buku Inspirasi dari Tanah Eropa  terbit pada 15 Agustus 2016.



#Event

Menjadi Penulis Adalah Keberanian


Lembaga Dakwah Fakultas DKM Al-Mushlih Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran di Jatinangor, Jawa Barat, mengadakan diskusi santai (talkshow) seluk-belum menulis (4/9). Mereka menghadirkan dua penulis seri Quanta Elex Media sebagai pembicara, yakni Robi Afrizan Saputra dan Hana Hanifah.

Afrizan merupakan penulis <em>Maafkan Tuhan, Saya Pernah Pacaran</em> dan Hana menulis <em>Kenal, Dekat, Akhirnya Jatuh Cinta Pada Al-Qur'an</em>. Bagi Hana buku <em>Kenal, Dekat, Akhirnya Jatuh Cinta Pada Al-Qur'an</em> adalah buah pena pertama.

Mereka menyatakan bahwa menjadi penulis adalah keberanian, berani menggali potensi dan kemampuan diri, berjuang melawan tantangan, dan mengambil keputusan untuk berbeda.

Acara ini merupakan satu rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru Muslim (PMBM) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Panitia acara berharap mahasiswa baru muslim mampu menggali potensi mereka dan sungguh-sungguh menentukan visi berlandaskan aturan agama Islam, termasuk dalam hal menulis.



#Event

Young Billionaire: Kesuksesan Tak Mengenal Usia

Perjalanan menuju sukses penuh tantangan
Tidak semudah yang orang pikirkan
Namun, tidak sesulit yang Anda bayangkan


Jakarta - Yasa Singgih hanyalah pemuda dari kalangan biasa. Bukan dari keluarga berkekurangan, bukan pula dari keluarga konglomerat. Yang membuatnya tak biasa adalah ia berani memulai usahanya sendiri sejak usianya baru menginjak 15 tahun.

Sebagai pengusaha, jelas untung dan rugi tak dapat dihindari. Pada usia belia, nikmatnya mendapat uang hasil keringat sendiri, kebanggaan berhasil tak meminta uang jajan ke orangtua sudah ia rasakan. Pun dengan pahitnya usaha yang harus tutup karena sepi pengunjung, kehilangan karyawan, bahkan bangkrut hingga ratusan juta rupiah.

Dengan kegigihan dan motivasi membahagiakan orangtua dan keluarga, ia tetap pantang menyerah membuka usaha. Ia pun memutuskan untuk terjun ke ranah fashion dengan membentuk Men’s Republic, sebuah brand yang membuatnya sekarang dikenal. Brand itu pula yang mengantarkan dirinya disejajarkan dengan berbagai tokoh ternama dunia wirausaha dan mendapatkan pengakuan dari berbagai macam media massa nasional.

Meski tanpa modal satu rupiah pun, Yasa Singgih mampu membuat produk sepatunya disukai banyak anak muda. Dengan Men’s Republic, ia juga mampu bersaing dengan brand-brand besar lain yang sudah terkenal lebih dulu. Usianya kini menginjak 20 tahun, usaha yang dirintisnya terus berjalan dengan omzet miliaran. Dari sana, ia mampu membiayai kuliahnya sendiri, mengajak kedua orangtuanya berwisata, dan memiliki reseller yang tersebar di puluhan kota di Indonesia.

Itulah cerita perjalanan yang dibagikan oleh Yasa Singgih pada seminar yang berlangsung di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Sabtu (16/1/2016). Ia membagikan seluruh rahasianya yang juga tertuang dalam buku “Never Too Young To Become a Billionaire”. Dengan cara santai dan penuh humor, Yasa membagikan pengalaman pribadi, tips, serta nilai-nilai yang menginspirasi para peserta seminar. Meski sharing yang disampaikan serupa dengan yang tertulis dalam buku, ratusan peserta tetap antusias mengikuti seminar serta aktif dalam tanya jawab hingga akhir seminar yang berlangsung selama 5 jam! Wow!

Selain sukses dengan brand Men’s Republic, Yasa Singgih juga berhasil menjejerkan bukunya dalam 10 besar buku kategori bisnis terbaik hanya dalam waktu 2 minggu sejak awal dirilis. Well, sukses terus Yasa Singgih dan terus berkarya bagi Indonesia!

You are never too young to become a billionaire…


https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/seminaryasa1.jpg">

Salam Inspirasi,
(Tim Redaksi & Promosi Manajemen Elex Media)



#Event

Peluncuran Buku "Pendidikan Perdamaian Gus Dur"

JakartaPada tanggal 23 Januari bertempat di Ballroom Gramedia Matraman, berlangsung peluncuran buku "Pendidikan Perdamaian Gus Dur" karya Ahmad Nurcholish. Acara ini diisi pula oleh diskusi dengan narasumber Ulil Abshar Abdalla, Henny Supolo dan Yenny Wahid. Pada saat artikel ini ditulis, acara diskusi sedang berlangsung. Diharapkan pemikiran Gus Dur akan perdamaian dapat menjadi modal bangsa ini untuk semakin tegar menghadapi tantangan masa depan yang sangat kompleks.

http://elexmedia.id/product/product_detail/70897">https://s3.amazonaws.com/elexmedia/product/9786020275789.jpg">

(Ekon/Red)



#Event

Atraksi Attack on Titan di Universal Studio Japan, Osaka, kembali dibuka!

Wah, libur panjang akhir tahun sudah selesai… Padahal, mulai Januari 2016 ini sebenarnya masih banyak hal menarik yang bisa dinikmati, lho, terutama bagi para penggemar Attack on Titan. Sebab di Universal Studio Japan, Osaka, mulai tanggal 15 Januari 2016 akan dibuka atraksi Attack on Titan The Real 2, melanjutkan atraksi Attack on Titan The Real yang berlangsung antara tanggal 23 Januari hingga 10 Mei tahun lalu.

Sama seperti tahun lalu, pengunjung antara lain bisa menikmati teater 4D, melihat patung Titan Eren yang sedang bertarung dengan Titan Wanita dalam ukuran aslinya, yaitu setinggi tinggi 14-15 meter,juga berfoto di genggaman Titan seperti ibu Eren yangakan dimakan ;AAAA;. Tersedia pula berbagai merchandise dan makanan, seperti jaket dan mantel Pasukan Penyelidik, alat manuver 3D, sandwich dengan daging serta ubi yang dicuri Sasha, ransum pasukan saat perang, dan lain sebagainya.

Yang tak kalah menarik, pengunjung juga dapat melihat bagaimana perawakan para tokoh Attack on Titan di dunia nyata lewat figurin berukuran riil Mikasa, Armin, dan Levi, lewat atraksi “Operasi Penangkapan Titan Wanita”. Para figurin ini dibuat dengan teknik Clone-oid, yaitu teknik kreasi model manusia termutakhir di dunia, yang dapat menciptakan kesan hidup! Ditambah lagi, figurin Eren yang tahun lalu tidak ada, kali ini muncul! Jadi penasaran, penampilannya bagaimana, ya? ^^

Pokoknya, penggemar Attack on Titan nggak boleh melewatkan atraksi ini. Tenang saja, Attack on Titan The Real 2 ini dibuka hingga pertengahan tahun, yaitu tanggal 26 Juni. ^^ Ayo, siap-siap bertandang ke Jepang!

(Redaksi Komik)

Source:
1. http://www.usj.co.jp/e/universal-cool-japan2016/">http://www.usj.co.jp/e/universal-cool-japan2016/
2. http://www.animenewsnetwork.com/interest/2015-09-16/universal-studios-japan-adds-kyary-pamyu-pamyu-ride-to-attack-on-titan-evangelion/.93005">http://www.animenewsnetwork.com/interest/2015-09-16/universal-studios-japan-adds-kyary-pamyu-pamyu-ride-to-attack-on-titan-evangelion/.93005
3. http://www.animenewsnetwork.com/news/2015-01-22/attack-on-titan-universal-studios-japan-attraction-opens/.83574">http://www.animenewsnetwork.com/news/2015-01-22/attack-on-titan-universal-studios-japan-attraction-opens/.83574 
4. http://www.crunchyroll.com/anime-news/2015/01/17/clone-oid-levi-for-attack-on-titan-the-real-attraction-at-universal-studios-japan-unveiled">http://www.crunchyroll.com/anime-news/2015/01/17/clone-oid-levi-for-attack-on-titan-the-real-attraction-at-universal-studios-japan-unveiled



#Insight


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111