Elex Media Komputindo
Penerbit Buku dan Multimedia Grup Kompas-Gramedia
lihat:

Books for the Blind: Berbagi Lewat Jemari untuk Tunanetra

"Melalui jemari relawan berbagi, melalui jemari tunanetra melihat dunia" . Aria Indrawati, Perwakilan Yayasan Mitra Netra

JAKARTA - Elex Media Komputindo mengajak puluhan relawan untuk mengetik kembali buku-buku terbitannya dalam kegiatan bertajuk .Books for the Blind., Sabtu (5/12/2015) dan Minggu (6/12/2015), di Tower 2 Synthesis Square, Jakarta. Acara ini juga sekaligus memeriahkan Festival Pembaca Indonesia yang diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia.
.Books for the Blind. merupakan kegiatan hasil kerja sama dengan Yayasan Mitra Netra selaku organisasi nirlaba yang memusatkan programnya pada peningkatan kualitas dan partisipasi tunanetra di bidang pendidikan dan pekerjaan. Baik Elex Media Komputindo, maupun Yayasan Mitra Netra berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap kebutuhan buku bacaan bagi tunanetra.

Selama dua hari, 80 relawan yang berpartisipasi dibagi ke dalam empat sesi. Di setiap sesinya, 20 relawan bertanggung jawab menyelesaikan delapan sampai sepuluh halaman dari satu judul buku yang disediakan dengan durasi pengetikan dua jam.

Buku yang diketik ulang merupakan buku best seller pada masanya dan sudah tidak memiliki soft file naskahnya. Yaitu, Kaya Raya Selamanya (Gede Prama), Understanding Your Communication Styles (Ponian Liauw), True Story: Hiduplah Anakku Ibu Mendampingimu (Miyuki Inoue), dan Five Powerful Habits of Physical Intelligence (Ariwibowo P. & Peter Ck).

Selain pengetikan ulang naskah, terdapat pula 93 judul buku yang disumbangkan oleh masing-masing penulis Elex Media Komputindo dalam bentuk digital untuk langsung dikonversikan ke dalam huruf Braille dengan menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh Yayasan Mitra Netra. Aria Indrawati, perwakilan dari Yayasan Mitra Netra, hadir untuk menerima penyerahan secara simbolis dari Vincentius Sugeng Hardojo selaku Manajer Redaksi Elex Media Komputindo, pada acara penutupan, Minggu (6/12/2015).

.Books for the Blind. merupakan salah satu mata acara dari .Dare to Care., yakni kegiatan Corporate Social Responsibility Elex Media Komputindo yang berlangsung sepanjang tahun 2015 atau dalam rangka ulang tahun Elex Media Komputindo yang ke-30. Selain pengetikan untuk tunanetra, penerbit yang berada di bawah payung Kompas Gramedia ini juga telah melaksanakan Blood for Life (donor darah oleh karyawan Kompas Gramedia yang berkantor di Palmerah Barat; Februari 2015), Books for Hope (kegiatan berbagi dan bermain bersama adik-adik di Rumah Sakit Kanker Dharmais; April 2015), dan Belajar Bareng Elex: Digital Library Management Workshop (workshop untuk perpustakaan bersama SLiMS; Juni 2015).

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/bfb-1.jpg">

(Farah/Red)



#Event

Anime Attack on Titan Season 1 Meraih Berbagai Penghargaan!

Sebentar lagi tahun 2015 akan berakhir dan kita akan menyambut tahun 2016. Biasanya pasti ada hal yang kita tunggu-tunggu di tahun yang baru. Motivasi baru? Pacar baru? Gaji (?) baru? Kalau yang paling editor tunggu, sih, pastinya musim kedua dari anime Attack on Titan!

Seperti yang sudah kalian ketahui, serial anime Attack on Titan menciptakan kehebohan yang sama dengan versi komiknya, yang sampai sekarang telah dicetak sebanyak sekitar 40 juta eksemplar.Musim pertama animenya yang diproduksi oleh WIT Studio dan tayang pada bulan April hingga September 2013 mengangkat kisah dalam komik jilid 1 sampai 8. Anime ini berhasil menggambarkan dengan sempurna kekejian Titan dan kengerian yang disebabkan oleh makhluk-makhluk tersebut, juga menghidupkan para karakter unik ciptaan Hajime Isayama.

Kesuksesan anime ini terlihat dari banyaknya penghargaan yang diraihnya, antara lain Peringkat 1 dalam Newtype Anime Award 2013 untuk kategori Sutradara dan Karya Terbaik, Peringkat 1 dalam 18th Animation Kobe Awards untuk kategori Penghargaan Televisi, dan Grand Prize Anime of the Year dalam Tokyo Anime Awards Festival 2014, serta berbagai penghargaan lain.

Apakah musim kedua anime Attack on Titan dapat mengulangi prestasi pendahulunya? Mari kita tunggu di tahun 2016 ini!! ^^

(Red/Adisti)

Sumber:
1. http://gigazine.net/news/20131013-anime-award-machiasobi11/
2.http://animefestival.jp
3.http://www.anime-kobe.jp/



#Insight

Keliling Dunia Lewat Komik Pendidikan Bersama Komji dan Omji

Komji, seorang bocah penggemar sepakbola, yang sedang mengikuti sang Paman menjelajahi pulau tak berpenghuni suatu hari tanpa sengaja bertemu dengan Omji, putri Kerajaan Tumpapa di Underworld. Omji datang bersama dengan Pon, sebuah robot hasil pengembangan teknologi di Kerajaan Tumpapa. Mereka berempat pun menjelajah dunia untuk membantu misi Omji yang mencari Tumpapa Stone ke berbagai belahan negara.

Kisah Komji dan Paman dalam membantu Omji serta Pon dapat kalian baca dalam komik pendidikan seri ‘Why Science? Country & National Flag’. Selain membaca kisah petualangan Komji, kalian juga diajak untuk mencari tahu beberapa negara yang ada di dunia beserta dengan bendera nasional dan juga sejarah singkat negara tersebut. Disertai dengan gambar kartun yang menarik dan imajinatif, komik pendidikan ini tidak hanya menyuguhkan berbagai data mengenai negara-negara di dunia kepada para pembaca, namun juga dilengkapi dengan latihan soal bersama Bu Guru Ban Joo Won di akhir cerita.

Komik pendidikan setebal 184 halaman terbitan PT Elex Media Komputindo ini dapat menjadi panduan yang tepat bagi para murid sekolah dasar dan menengah dalam mempelajari negara-negara di dunia dan juga bendera nasional negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan setiap topik yang tersusun dalam komik pendidikan ‘Why Science? Country & National Flag’ sesuai dengan materi pendidikan yang diajarkan di sekolah. Komik pendidikan ini juga telah melalui pemeriksaan para ahli, dosen dan juga peneliti Korea yang ahli di bidangnya masing-masing.

Penasaran bagaimana kelanjutan kisah petualangan Komji dan kawan-kawan? Tunggu apa lagi? Yuk, kita temani Komji, Omji, Paman dan juga Pon menjelajahi banyak negara di dunia!



#Insight

Elex Media di Popcon Asia 2016

Event Popcon Asia 2016 akhirnya digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 12-14 Agustus 2016. Banyak karya kreatif dari exhibitor maupun komikus yang dipromosikan di event tersebut.

 

Tidak mau ketinggalan dengan hingar-bingar yang terjadi di event Popcon tersebut, Elex Media Komputindo yang juga peduli terhadap karya komikus lokal ikut berpartisipasi sebagai exhibitor dari awal sampai akhir acara. Dalam event ini Elex Media sekaligus melakukan Pre Sale beberapa komik baru yang belum ada di toko karya Komikin Ajah! dan juga Juki. Buku-buku tersebut menjadi pusat perhatian para pengunjung yang datang di booth Elex Media selain buku baru sensasional "One Punch Man".

Akhirnya, sampai jumpa di event Popcon selanjutnya bersama Elex Media Komputindo.

 

(Yodha/Web Developer)

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/popcon2016-1.jpg" style="width: 100%;">

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/popcon2016-2.jpg" style="width: 100%;">

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/popcon2016-3.jpg" style="width: 45%;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/popcon2016-4.jpg" style="width: 45%;">



#Event

Kunci Jawaban Komikin Ajah!

Halooo! Sudah koleksi seri Komikin Ajah Kompilasi yang kami keluarkan? Tepat tanggal 22 Agustus 2016 kemarin, komunitas komikus Instagram, Komikin Ajah, kembali menerbitkan buku ketiga dan keempat mereka. Setelah sebelumnya, mengambil tema #sabtucintacintaan dan #seninkritis untuk kedua buku terdahulunya, kali ini Komikin Ajah Kompilasi hadir dengan tema #selasaedukasi dan #minggurandom.

Kompilasi komik Komikin Ajah merupakan kumpulan komik dari para komikus lokal yang berbasis di Instagram yang mengambil hashtag harian mereka sebagai temanya dan terbit dengan judul Komikin Ajah Kompilasi: Sindir-Sindiran, Komikin Ajah Kompilasi: Cinta-Cintaan, Komikin Ajah Kompilasi: Asal-Asalan, dan Komikin Ajah Kompilasi: Pinter-Pinteran.

Terdapat sesuatu yang berbeda pada salah satu komik edisi terbarunya, yaitu pada edisi Komikin Ajah Kompilasi: Pinter-Pinteran. Apa itu? Terdapat “arena bermain” di sana. Nah, sebelum melanjutkan membaca artikel ini, ada baiknya kamu membaca dulu semua edisinya karena artikel ini berisi spoiler.

Untuk yang sudah membaca, tentu kalian akan memperhatikan bahwa games yang berada di Komikin Ajah Kompilasi: Pinter-Pinteran tidak terdapat kunci jawaban. Akibatnya, kamu menjadi tidak tahu kebenaran jawabanmu. Lantas, bagaimana caranya memastikan bahwa jawaban kamu sudah benar? Tenang, kamu nggak perlu khawatir. Komikin Ajah dan Elex Media nggak akan se-PHP di Dia yang juga belum memberikan kepastian ke kamu :’)

Sesuai janji yang kami tulis di bukunya, kamu bisa mengecek jawabanmu di portal kami. Jadi, selamat mencocokkan jawaban! Semoga jodoh ya ....

Jawaban:
1. Jawaban Acak Kata
2. Beli makan
3. Juara kelas
4. Meja tulis
5. Tugas sekolah
6. Update facebook
7. Kyuri Maze

https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/komikinajah-tekateki.jpg" style="width: 45%;"> https://s3.amazonaws.com/elexmedia/news/komikinajah-jawaban.jpg" style="width: 45%;">

*Sumber foto komiknya dari instagram.com/gramediaemporiumpluit
(Rena/Red)



#Insight


Gedung Kompas-Gramedia Lantai 2
Jl Palmerah Barat 29 - 32
Jakarta Pusat - 10270
Telepon: +62-21-53650110, +62-21-53650111