Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA "Keluarga sebagai salah satu pranata sosial yang ada dalam masyarakat memainkan peranan yang besar dalam pembinaan pola perilaku dan internalisasi nilai yang normatif.

Spesifikasi:

  • Bagian: Keluarga Dan Rumah Tangga
  • Kategori: Pengembangan Diri
  • Penulis: H. Amirulloh Syarbini, M.Ag
  • Editor: Yulia Suzana
  • Sampul: Kasta Waisya

  • ISBN13/EAN: 9786020229379
  • SKU: 143140023
  • Harga: Rp34.800
  • Terbit: 13 Januari 2014
  • Kertas: Book Paper 55
  • Halaman: 116
  • Dimensi: 14 x 21 cm
  • Berat: 300 gram
  • Stok: tidak tersedia

Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga

Sinopsis

Keluarga merupakan institusi pendidikan yang pertama dan utama dalam meletakkan dasar-dasar pendidikan. Pendidikan dalam keluarga menitikberatkan pada penanaman nilai-nilai keyakinan, etika, moral dan keterampilan, karena itu menyemai benih-benih pendidikan karakter dalam keluarga sejatinya menjadi salah satu tugas pokok orang tua dalam keluarga sebagai pendidik kodrati yang nyaris kurang mendapat perhatian dan terlupakan. Buku ini menawarkan sebuah model pendidikan akhlak mulia dalam keluarga seiring dengan tantangan perkembangan zaman."

(Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M. Pd., Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten)

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Buku-buku yang membahas tentang pentingnya pendidikan karakter telah banyak diterbitkan, namun dalam pembahasannya hanya berkutat pada lembaga pendidikan formal (sekolah). Sementara itu, pada lembaga pendidikan informal (keluarga) masih sangat jarang ditemukan. Padahal, keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak.

Buku ini menjelaskan tentang model pendidikan karakter dalam keluarga menurut perspektif Islam. Pembahasannya mencakup:

1. Pengertian model pendidikan karakter dalam keluarga;

2. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam keluarga;

3. Tujuan pendidikan karakter dalam keluarga;

4. Pendidik pada pendidikan karakter dalam keluarga;

5. Peserta didik pada pendidikan karakter dalam keluarga;

6. Materi pendidikan karakter dalam keluarga;

7. Metode pendidikan karakter dalam keluarga;

8. Alat pendidikan karakter dalam keluarga;

9. Program pendidikan karakter dalam keluarga, dan;

10. Evaluasi pendidikan karakter dalam keluarga.

Dengan melihat cakupan pembahasan tersebut, tidak berlebihan jika buku ini dikatakan berhasil merumuskan kerangka model pendidikan karakter dalam keluarga secara utuh, sehingga layak dijadikan acuan/pedoman dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di lingkungan keluarga.