Autism is Curable [Edisi Revisi]

Saya menyambut gembira terbitnya buku "Autism is Curable" karya Dr Kresno Mulyadi, SpKJ bersama Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, ini.

Spesifikasi:

  • Bagian: Keluarga Dan Rumah Tangga
  • Kategori: Anak Berkebutuhan Khusus
  • Sub Kategori: Kesehatan Jiwa
  • Penulis: Dr. Kresno Mulyadi Sp.KJ & Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS
  • Editor: Yulia Suzana
  • Sampul: Wawan

  • ISBN13/EAN: 9786020293400
  • SKU: 716091621
  • Harga: Rp30.000
  • Terbit: 23 September 2016
  • Kertas: Book Paper 55
  • Halaman: 272
  • Dimensi: 14 x 21 cm
  • Berat: 251 gram
  • Stok: tidak tersedia

Autism is Curable [Edisi Revisi]

Sinopsis

Sudah cukup lama saya mengikuti perkembangan Autisme di Indonesia baik melalui buku-buku, seminar maupun rapat guru-guru di Sekolah Madania, Parung Bogor, menganut faham inklusivisme sehingga setiap kelas terdapat murid yang berkebutuhan khusus (students with special needs).

Dari informasi yang luas beredar, diketahui bahwa jumlah penyandang Autisme semakin hari semakin banyak. Sementara itu pemahaman tentang fenomena Autisme itu sendiri masih belum meluas di kalangan masyarakat. Karena itu, paparan serta penjelasan melalui Buku "Autism is Curable" selayaknya kita sambut gembira dan diharapkan dapat membantu warga masyarakat untuk mengenal tanda atau gejala Autisme secara dini dan untuk selanjutnya minta jasa Profesional guna mendapatkan terapi demi kesembuhannya.

Prof. DR Komaruddin Hidayat

Dalam buku ini Dr Kresno Mulyadi, SpKJ, dan Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, menunjukkan segala sisi dari anak autis: apa yang mereka butuhkan, bagaimana orangtua dan keluarga besar sebaiknya bersikap, bagaimana orangtua membagi perhatian kepada anak-anak yang lain serta melibatkan mereka untuk mengasihi saudaranya yang autistik, dan lain sebagainya. Dan ternyata, dalam setiap masalah selalu ada celah untuk mencari solusinya. Dalam bahasa saya, pada setiap dinding selalu ada pintu atau jendela.

Saya mengapresiasi kehadiran buku ini, yang membuka begitu banyak informasi mengenai Autisme. Harapan saya, buku ini mampu membantu orangtua dan keluarga yang mendapat titipan anak-anak autistik untuk semakin solid dan menguatkan hati dalam membesarkan anak-anak berkebutuhan khusus ini. Setiap kehidupan memiliki tantangannya masing-masing, dan yang dapat kita lakukan adalah mengupayakan hal terbaik di dalamnya. Selamat berjuang.

Rhenald Kasali, PhD

Guru Besar FE UI dan Pendiri Rumah Perubahan

Membaca dan menelaah buku "Autism is Curable" tulisan sejawat saya dr Kresno Mulyadi, SpKJ, bersama dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, yang sistematis dengan bahasa yang sederhana tetapi lugas, menambah pengetahuan tentang apa itu Autisme dan bagaimana penatalaksanaannya, sehingga memberi harapan kepada masyarakat, khususnya orang tua yang dikarunia Allah SWT buah hati Berkebutuhan Khusus, untuk dapat menerima ujian Tuhan ini dengan sabar dan penuh harap akan terselesaikannya masalah ini. Di sisi lain, buku ini ditulis secara ilmiah dengan mengadop referensi ilmuwan dunia serta memasukkan penelitian dan pengalaman penulis dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus dengan tekun dan konsisten.

Autisme dengan spektrum tanda dan gejalanya yang luas merupakan masalah global yang angka kejadiannya cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, pencerahan kepada masyarakat luas tentang sindroma ini perlu mendapat dukungan dan penghargaan. Buku ini memberi informasi secara sistematis bagaimana mengenal dan menangani Anak Berkebutuhan Khusus sampai akhirnya gangguan neuro-psikologis si buah hati dapat disembuhkan. Tentu saja penanganan masalah ini harus dijalani secara tekun dan sabar oleh orang tua.

M. Rasyad Indra

Guru Besar Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Bagi sebagian keluarga, mendengar putera atau puterinya didiagnosis sebagai Autistik, serasa seperti mendengar petir di siang hari bolong; berbagai perasaan campur-aduk dan sulit dituliskan dengan kata-kata.

Kemudian perlahan-lahan ada yang mulai berusaha untuk mencari penjelasan atau pengobatan, tetapi ada pula yang menerima apa adanya. Banyak pula yang sudah berusaha dengan segala daya, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Di dalam buku ini Dr Kresno Mulyadi, SpKJ, dan Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, menjelaskan apa dan bagaimana terapi Autisme, termasuk juga tentang metode ABA dan BIT. Buku ini sangat bermanfaat sebagai pegangan keluarga dan penderita Autisme, laksana seberkas cahaya yang menuntun ke masa depan yang lebih baik.

DR Dr Karyono Mintaroem, SpPA

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya 2011-2014