Einstein

Sejak zaman primitif hingga zaman kita sekarang ini sejarah peradaban merupakan petualangan pikiran manusia.

Spesifikasi:

  • Bagian: Humaniora
  • Kategori: Sejarah
  • Sub Kategori: Sejarah
  • Penulis: Sahrul Mauludi
  • Editor: Chandra
  • Sampul: Hadi

  • ISBN13/EAN: 9786020446707
  • SKU: 717081615
  • Harga: Rp57.800
  • Terbit: 18 September 2017
  • Kertas: Book Paper 60
  • Halaman: 224
  • Dimensi: 15 x 0 cm
  • Berat: 195 gram
  • Stok: tersedia

Einstein

Sinopsis

Dari kemajuan di tangga yang paling bawah pikiranlah yang mengangkat kita ke atas, secara perlahan dan tentatif, menuju kekuatan yang lebih besar dan kehidupan yang lebih tinggi. Demikian tulis sejarawan Will Durant (2002) dalam The Greatest Minds and Ideas of All Time. Menurutnya, pikiran merupakan kekuatan penentu perubahan yang mampu membawa kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana kepada tingkat yang lebih maju. Ini bukan berarti faktor lainnya tidak berpengaruh---seperti faktor politik, ekonomi, sosial ataupun geografis---namun tingkat perkembangan pikiran manusia menjadi pendorong yang paling mendasar bagi perubahan kehidupan umat manusia.

Perubahan-perubahan besar yang terjadi dalam dunia ini, seperti ditulis Willis W. Harman (1998) dalam Global Mind Change, bukan disebabkan oleh perang besar atau pemerintahan tertentu, tapi karena terjadinya perubahan pikiran. Dan peristiwa paling signifikan dalam hal ini adalah apa yang disebut revolusi ilmiah (scientific revolution) yang bermula dari Eropa barat dan terus berpengaruh ke seluruh penjuru dunia sampai sekarang. Berubahnya pikiran berarti berubah segalanya. Dinamika dunia global saat ini pun terjadi karena perubahan pikiran---terutama karena pengaruh sains dan teknologi.

Dalam sejarah kita dapat menyaksikan kelahiran pikiran-pikiran hebat dan genius kreatif yang memengaruhi dan mengubah pola pikir umat manusia dan kehidupan mereka ke arah yang lebih maju. Pikiran-pikiran cemerlang ini lahir dari generasi ke generasi untuk memimpin perubahan dengan ide-ide cemerlang dan penemuan-penemuan baru. Oleh sebab itulah dapat kita tegaskan bahwa tingkat kemajuan sebuah masyarakat ditentukan oleh tingkat dan kualitas berpikir orang-orangnya. Kualitas pikiran dengan ide-ide genius, kreatif, dan inovatif yang memberikan berbagai alternatif dan pilihan yang memberikan berbagai peluang, kesempatan dan kemungkinan baru untuk berkembang lebih maju dan dinamis. Seperti kata Curley (2010) dalam The 100 Most Influential Inventors of All Time, "Kehidupan telah mengalami perubahan di sepanjang tahun melalui upaya kaum laki-laki dan perempuan yang memiliki kecerdasan, ketekunan dan kreativitas yang hadir dengan cara-cara baru dan lebih baik untuk melakukan sesuatu."

Masyarakat yang mampu menciptakan kualitas berpikir yang bermutu tinggi akan menunjukkan perbedaan dan perubahan yang sangat berarti bagi peningkatan kualitas hidup mereka. Secara sederhana, hal ini dapat kita lihat dan bandingkan bagaimana pola pikir masyarakat di negara maju dengan yang masih tertinggal. Tentu berbeda bukan? Mereka yang hidup di negara-negara maju memiliki pola pikir, budaya, dan nilai-nilai progresif yang mendasari kehidupan mereka---dan tidak terdapat dalam kehidupan masyarakat yang kurang maju. Faktor semacam ini---pola pikir, budaya dan nilai-nilai---ternyata sangat berpengaruh dan menentukan tingkat perkembangan suatu negara. Ini bisa kita baca, misalnya, dalam penjelasan Lawrence E. Harrison (1987) dalam Underdevelopment is a State of Mind: The Latin American Case atau yang cukup monumental Samuel P. Huntington & Lawrence E. Harrison (1997), Culture Matters How Values Shape Human Progress.

Dalam hal inilah penting kiranya bagi kita untuk mempelajari dan mengambil inspirasi dari pikiran-pikiran maju dan kreatif yang muncul dalam sejarah yang telah memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas hidup yang lebih baik khususnya di bidang ilmu pengetahuan yang merupakan ujung tombak kemajuan masyarakat. Dalam buku inilah saya menghadirkan Albert Einstein yang disebut Michael H. Hart (1978) dalam The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History sebagai "the greatest scientist of the twentieth century and one of the supreme intellects of all time." Einstein merupakan sosok genius yang telah melahirkan sejumlah gagasan yang sangat berpengaruh dan mengubah cara berpikir orang banyak. Ia merupakan figur kunci dalam sejarah intelektual di abad 20 dan setelahnya. Ia memengaruhi bidang fisika, filsafat, politik, dan lainnya (Aichelberg & Sexl, 1979).