INFO ACARA - YONKOMA MANGA CHALLENGE

Bagi Booklovers yang suka menggambar komik, dalam Japan Cultural Weeks (JCW) 2021 - Online Edition kali ini akan hadir “Yonkoma Manga Challenge!”

Yonkoma Manga Challenge adalah kegiatan untuk menantang kamu dalam menggambar Yonkoma manga. Tema kali ini adalah tentang “Budaya dan Kehidupan Sehari-hari di Jepang.” Info dan persyaratan dapat dilihat di http://bit.ly/yonkoma-jcw2021

Periode pendaftaran: 12-23 Februari 2021

Kirimkan karya kamu ke email budaya@jpf.or.id dengan subjek “Yonkoma Manga Challenge”. Ada 20 karya yang akan dipilih oleh tim juri (JF Jakarta, Elex Media Komputindo, dan Devita Krisanti @krisanti_comics).

Salah satu sumber referensi untuk tema kali ini bisa dibaca di buku “Seikatsu Kaizen” karya Susy Ong.

#infoacara #YonkomaMangaChallenge #jfjakarta #thejapanfoundationjakarta #jcw2021 #jcw2021onlineedition #kebudayaanjepang #SekatsuKaizen

9 Februari 2021

INFO KOMIK TERBIT - C.M.B 39

Sering kita disuruh untuk belajar, tapi tak ada yang bisa memberi penjelasan memuaskan, kenapa? Untuk apa harus buang-buang waktu? Sebelumnya... apa sebenarnya \"waktu\" itu sendiri?

--Seri cerita misteri yang banyak mengangkat tema ilmu alam dan kebudayaan.

C.M.B 39 oleh Motohiro Katou terbit 28 Agustus 2020

#cmb #misteri #ilmualam #kebudayaan #motohirokatou #9786230017018

29 Agustus 2020

INFO BUKU TERBIT - ARABIA

Kisah perjalanan Levison Wood, seorang petualang, penulis, dan fotografer asal Inggris di negara-negara Timur Tengah yang terlarang dan misterius. Ia telah mencoba untuk menantang arah angin bila memungkinkan dan menentang stereotip, yang semoga saja menghancurkan beberapa mitos di sepanjang perjalanan.

Arabia - Menjelajahi Jantung Timur Tengah oleh Levison Wood terbit 13 Juli 2020

#sejarah #sosial #humaniora #budaya #Arab #Arabia #TimurTengah #LevisonWood

14 Juli 2020

Sedikit berbeda dari fan book pada umumnya, buku ini akan mengajak pembaca dalam pengalaman jalan-jalan bersama dengan tujuh member BTS sambil mempelajari karakteristik daerah kelahiran masing-masing, meliputi budaya gastronomi, budaya modern hingga budaya tradisional, dan laju kehidupan masyarakatnya. Karena tidak selamanya haluin bias itu membuahkan hal-hal negatif seperti apa kata orang-orang. Borahae!

5 Days in Korea with BTS oleh Augustvevo terbit 27 Januari 2020.

#5daysinkorea #korea #bts #boyband #fanbook #gastronomi #budaya #tradisional #idol #augustvevo #9786230013256

28 Januari 2020

Orang-orang barbar atau beradab? Prajurit liar yang ganas atau menakutkan?

Dirancang secara sistematis, buku ini membahas segala aspek budaya, dari segi agama hingga masyarakat, mitos dan legenda hingga peperangan, serta ekspansi dan kemunduran Celt di Eropa. Celt: Sejarah dan Warisan Salah Satu Budaya Tertua di Eropa oleh Martin J. Dougherty terbit 13 Januari 2020.

#celt #sejarah #warisanbudaya #budayatertua #eropa #bangsamisterius #mitos #martinjdougherty #9786230012778

13 Januari 2020

Buku ini menyorot beragam jenis hantu, dedemit, dan roh-roh lain dalam budaya Nusantara. Dengan gambar yang menarik dan penjelasan yang ringkas, "Bausastra Lelembut" mengundang para pembaca untuk lebih akrab dengan bermacam-macam lelembut.

Bausastra Lelembut oleh Lentera Nusantara terbit 6 November 2019.

#ghostparade #bausastralelembut #hantu #dedemit #roh #budayanusantara #makhlukgaib #lenteranusantara #9786230009136

7 November 2019

Seorang anak datang ke Museum Shinra dengan membawa mineral transparan yang diberikan oleh ayahnya. Benda ini telah membuat dia dikejar-kejar oleh orang asing yang ingin menculiknya. Penyelidikan tentang pesan rahasia yang menunjukkan lokasi ayah sang anak membawa Shinra ke Islandia, tempat Snorri Sturlusson yang mengompilasi kisah mitos para dewa dewi bangsa Jermanik berasal. Di belakang mereka adalah Neo Nazi yang menganggap petunjuk itu akan membawa mereka ke tempat tersembunyinya Piala Suci.

C.M.B 38 oleh Motohiro Katou terbit 18 September 2019.

#cmb #museum #islandia #mitos #jermanik #neonazi #pialasuci #detektif #kebudayaan #budayadunia #motohirokatou #9786230003417

19 September 2019

Mou membawakan misteri yang bisa membantu banyak orang menderita di seluruh dunia. Konon ada sebuah desa yang selalu bertahan dan bangkit kembali meskipun berulang kali menjumpai tragedi perang yang tak berkesudahan. Rahasianya ada di koin berukiran pohon palma. Sebenarnya, apa rahasia untuk bisa terus bertahan melampaui kesedihan?

Selain itu, Tatsuki dan Shinra juga pergi untuk menyelidiki kasus pembunuhan di asteroid yang hanya diawaki oleh satu orang saja. Bagaimana bisa terjadi pembunuhan oleh orang yang seharusnya tidak ada?

C.M.B 37 oleh Motohiro Katou terbit 7 Agustus 2019.

#cmb #pohonpalma #rahasiabertahan #pembunuhan #asteroid #antariksa #detektif #kebudayaandunia #motohirokatou #9786230001420

7 Agustus 2019

Langit di atas Indonesia (Hindia Belanda) pernah menjadi saksi terjadinya beberapa pertempuran udara paling sengit dalam sejarah. Buku ini mengisahkan beberapa pertempuran tersebut yang turut menentukan arah perjalanan Indonesia, lepas dari penjajahan.

Duel Para Elang - Pertempuran Udara di Atas Hindia Belanda oleh Nino Oktorino terbit 1 Juli 2019.

#duelparaelang #pertempuranudara #hindiabelanda #pd2 #ninooktorino #sejarah #sosial #humaniora #budaya #9786230000997

3 Juli 2019

Tiga detik sebelum menerima surat J. B. Hobson, aku sama sekali tak berpikir mau memburu makhluk unicorn ataupun mengarungi Laut Utara. (hal 16)

Sekarang kita telah sampai di babak kedua dari perjalanan bawah laut ini. Babak pertama penjelajahan kami diakhiri dengan drama yang mengharukan di sebuah kuburan koral, yang sudah meninggalkan kesan begitu mendalam di hatiku. (hal 209)

Dalam karyanya ini, Jules Verne benar-benar telah membuktikan ucapannya waktu kecil, ketika ia tertangkap dan dihukum ayahnya karena berkelana, “Mulai sekarang, aku hanya akan bertualang melalui imajinasiku!”

Twenty Thousand Leagues Under the Sea Jules Verne terbit 10 September 2018.

#worldlibraryseries #twentythousandleaguesunderthesea #julesverne #bapakfiksiilmiah #brutusdevilleroi #saintdonatien #prancis #kapalselam #alligator #nantes #nautilus #kelautan #novelklasik #kisahklasikelex #fiksisastra #sejarah #sosial #humaniora #budaya #9786020478180

3 September 2018

30 SEPTEMBER 1659. – Aku, Robinson Crusoe yang malang, yang mengalami musibah akibat badai mengerikan di dekat sini, yang terdampar di pulau celaka yang terpencil ini, yang kusebut “Pulau Keputusasaan”. Semua rekan sekapalku mati tenggelam, dan aku sendiri nyaris mati. (Hal 81)

Setelah dua atau tiga hari kembali ke bentengku, aku berpikir bahwa, untuk mencegah Friday kembali ke cara makannya yang mengerikan serta ‘mengobati’ perut kanibalnya, aku harus membiarkannya merasakan daging lainnya. (hal 243)

-- Literatur klasik Elex Media menyajikan karya-karya fiksi sastra yang menjadi ikon di zamannya dan kini menjadi warisan abadi dunia literatur modern. Semua karya disajikan utuh (unabridged), dengan desain layout yang memudahkan pembaca segala usia untuk menikmatinya.

Robinson Crusoe terbit 27 Agustus 2018.

#worldlibraryseries #novelklasik #kisahklasikelex #fiksisastra #robinsoncrusoe #petualangan #survival #terdampar #catatanharian #inggris #friday #dinamikapsikologis #danieldefoe #sejarah #sosial #humaniora #budaya

29 Agustus 2018

Paul Creswick, seorang penulis Inggris, adalah salah satu yang dianggap terbaik dalam merekonstruksi legenda Robin Hood secara lengkap dan utuh. Melalui tulisannya, tokoh Robin Hood menjelma menjadi sebuah karakter yang ditampilkan cukup wajar, dengan kelemahannya, bahkan hingga kematiannya. Membaca tulisan Creswick seolah membaca sebuah catatan sejarah kuno, atau sebuah biografi dari "seorang perampok yang mendapat pengampunan Raja." Sebuah perjalanan panjang dari seorang penguasa hutan Sherwood.

-- Literatur klasik Elex Media menyajikan karya-karya fiksi sastra yang menjadi ikon di zamannya dan kini menjadi warisan abadi dunia literatur modern. Semua karya disajikan utuh (unabridged), dengan desain layout yang memudahkan pembaca segala usia untuk menikmatinya.

Robin Hood oleh Paul Creswick terbit 27 Agustus 2018.

#worldlibraryseries #novelklasik #kisahklasikelex #fiksisastra #legenda #robinhood #robehod #hobbehod #sherwood #biografi #paulcreswick #sejarah #sosial #humaniora #budaya

29 Agustus 2018

Peluncuran dan Diskusi Buku SEIKATSU KAIZEN, Sabtu, 16 Desember 2017, Pukul 14.00-1600 WIB, di Auditorium Japan Foundation, Gedung Summitmas I, 2nd Floor.

#peluncuranbuku #diskusibuku #jepang #seikatsukaizen #kaizen #polahidup #reformasi #modernisasijepang #budaya #budayajepang #dohimasataka #susyong #sejarah #sosial #humaniora

14 Desember 2017

Ada banyak pemutarbalikan fakta dalam buku-buku yang pernah terbit pada tahun 1800 oleh karena kebencian sepihak penulisnya terhadap orang Indian. Melalui buku ini kita jadi mengerti dan memahami mengapa suku-suku Indian angkat senjata melawan para pemukim bangsa Eropa.

Terbit 30 Oktober 2017.

#sejarahsukusukuindianamerika #suku #indian #indianamerika #amerika #kolonialisme #perang #pertempuran #senjata #peralatan #teknikbertempur #eropa #chrismcnab #sejarah #sosial #humaniora #budaya

30 Oktober 2017

Peluncuran buku 'Ayo Berubah!' karya Richard Panggabean & Tim. Gramedia Matraman, Sabtu, 28 Oktober 2017, Pkl 15.00-17.00 WIB. Gratis 1 buku untuk 50 pendaftar pertama. Doorprize Reksadana bernilai jutaan Panin Asset Management. Rsv: 085883972951.

#peluncuranbuku #bedahbuku #booklaunch #AyoBerubah #RichardPanggabean #tessiesetiabudi #sulaimanbudiman #mamadsamadi #joshuamaruta #keuangan #karier #polakerja #budayakerja #belajar #potensi #talenta #tantangan #perubahan

26 Oktober 2017

Wawancara dalam buku ini dilakukan dua tahun sebelum Lee meninggal 23 Maret 2015. Pandangan dan visinya jauh melampaui waktu terbukti pandangannya tersebut masih sangat relevan hingga hari ini. Bagi calon pemimpin negara, pemimpin partai, pemimpin perusahaan, bahkan pemimpin masyarakat wajib membaca buku ini.

Terbit 25 September 2017.

#leekuanyew #singapore #singapura #tokohasia #legendaasia #keajaibanekonomiasia #asia #asiatenggara #asean #pelayananpublik #perdanamenteri #foundingfather #sejarah #sosial #humaniora #budaya

26 September 2017

Buku ini menyajikan keberpihakan God Bless pada persoalan kemanusiaan, sebagai bagian tak terpisahkan dari komitmen bermusik mereka yang telah berusia lebih dari 40 tahun ini. Konsistensi adalah kata kunci God Bless dalam menyuarakan nilai-nilai kehidupan mulai dari kritik sosial, politik hingga religius. Konsistensi itu pulalah yang mencerminkan profesionalitas para personilnya, sehingga God Bless berhasil menjadi sebuah Legenda di belantara musik Indonesia.

#godblessandyou #godbless #grupband #legenda #rockhumanisme #alexpalit #ahmadalbar #ianantono #donnyfattah #abadisoesman #fajarsatritama #diskografi #sejarah #sosial #humanisme #humaniora #budaya

28 Agustus 2017

Ramadhan menampilkan wajah Islam yang ramah. #Ardiyansyah #walisanga #walisongo #agamamayoritas #dakwah #kekerasan #pendekatanbudaya #budaya #muslim

19 Juni 2017

Raja Arthur adalah salah satu karakter paling dikenal dalam dunia Barat. Hanya sedikit orang yang belum pernah mendengar tentang para Kesatria Meja Bundarnya. Kisah tragis mereka telah diceritakan dan diinterpretasikan ulang berkali-kali—begitu seringnya sehingga dapat saja dua orang yang berbeda masing-masing mengetahui versi kisah yang saling kontradiktif satu sama lain di beberapa bagian. #rajaarthurdankesatriamejabundar # martinjdougherty #rajaarthur #excalibur #kesatriamejabundar #lancelot #guinevere #galahad #sejarah #sosial #humaniora #budaya

16 Mei 2017